RUMAH BELAJAR ELPEDIA
Beranda
Artikel
Materi
Bank Soal
Simulasi Tes
PTS
PAS
Lainnya
GO
Home
PAS
Soal
SOAL PAT - PAS GENAP IPS KELAS 8 SMP/MTs
SOAL PAT - PAS GENAP IPS KELAS 8 SMP/MTs
Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah Soal Latihan PAT - PAS GENAP IPS KELAS 8 SMP/MTs. Yuk Gaes!!!.. Buktikan bahwa kamu HEBAT!!!
SELAMAT MENGERJAKAN
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang kamu anggap benar!
1. Pernyataan yang paling tepat yang mengakibatkan munculnya aktivitas perdagangan adalah ....
A.
Adanya kelebihan devisa Negara
B.
Adanya permintaan dan penawaran akan produk tertentu
C.
Adanya masyarakat yang terkena penyakit busung lapar
D.
Adanya kelebihan produksi barang dan jasa
2. Berikut ini merupakan peran pelaku ekonomi dalam perekonomian :
Sebagai konsumen
Pengguna faktor produksi
Sebagai penyedia faktor produksi
Pelaku perdagangan internasional
Peran rumah tangga konsumen (RTK) ditunjukkan pada ....
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(3) dan (4)
3. Pendapatan rumah tangga keluarga/rumah tangga konsumen (RTK) berupa balas jasa yang diterima karena telah meminjamkan sejumlah dana untuk modal usaha perusahaan dalam kegiatan produksi adalah ....
A.
Sewa (
rent
)
B.
Upah (
wage
)
C.
Bunga (
interst
)
D.
Laba/keuntungan (
profit
)
4. Perhatikan bagan hubungan pelaku ekonomi dua sektor berikut!
Berdasarkan bagan di atas yang termasuk arus sumber pendapatan rumah tangga produsen adalah ....
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
5. Perhatikan gambar berikut !
Kegiatan yang dilakukan Rumah Tangga Pemerintah Melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina, dalam hal ini peran pemerintah sebagai ....
A.
Regulator
B.
Produsen
C.
Konsumen
D.
Distribusi
6. Perdagangan antardaerah akan terjadi jika ada produk yang diperdagangkan. Hal yang menjadi tujuan perdagangan antardaerah adalah ....
A.
Meningkatkan produktivitas
B.
Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat
C.
Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan
D.
Memperoleh keuntungan dan memperluas jangkauan pasar
7. Berikut ini merupakan kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor dan faktor pendorong ekspor :
Memberikan kemudahan kepada produsen barang ekspor
Keadaan pasar luar negeri
Menjaga kestabilan nilai tukar rupiah
keuletan eksportir untuk menangkap peluang pasar
Membuat perjanjian dagang internasional
Kondisi sosial, ekonomi, politik suatu Negara
Kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor adalah....
A.
(1), (2) dan (3)
B.
(1), (3) dan (5)
C.
(2), (3) dan (4)
D.
(4), (5) dan (5)
8. Perbedaan perdagangan antarpulau dengan perdagangan antar negara terletak pada ketat atau tidaknya regulasi. Hal yang terjadi pada perdagangan antar negara adalah ....
A.
Regulasi ketat karena menyangkut kedaulatan bangsa
B.
Regulasi longgar karena lebih mengutamakan keuntungan
C.
Regulasi ketat sebagai upaya menekan impor
D.
Regulasi longgar sebagai upaya meningkatkan ekspor
9. Perhatikan konsep Ekonomi kelautan (
marine economy
) dan Ekonomi maritim (
maritime economy
) pada kegiatan ekonomi berikut !
Kegiatan di pesisir, lautan serta darat yang menggunakan sumber daya alam
Jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa
Transportasi laut, Industri galangan kapal dan perawatannya
Pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industri dan jasa terkait
Kegiatan yang termasuk Ekonomi maritim (
maritime economy
) ditunjukan pada ....
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(3) dan (4)
10. Strategi yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengembangkan agrikultur di Indonesia dengan cara meningkatkan sistem budi daya di sektor pertanian yang ramah dan terintegrasi dengan kearifan lokal di setiap daerah adalah ....
A.
Subsidi pupuk bagi petani
B.
Ekofarming
C.
Distribusi pupuk secara merata
D.
Perbaikan irigasi
11. Perhatikan gambar berikut !
Pada 26 Desember 2004, bencana tsunami menerjang Aceh, Bocah bernama Martunis yang saat itu masih berusia 7 tahun terombang-ambing di atas air selama 21 hari.
Ia mengenakan jersey tim nasional Portugal saat pertama kali ditemukan. Ronaldo pun menyempatkan datang menemuinya di Aceh dan memberi beasiswa untuk sekolah, Martunis pun menjadi anak angkat pesepakbola ternama itu.
Kesimpulan yang didapat antara Ronaldo dan Martunis telah terjadi ....
A.
Redistribusi vertikal
B.
Redistribusi horizontal
C.
Redistribusi jaminan akses
D.
Redistribusi kredit lunak
12. Strategi pemenuhan kebutuhan dasar rakyat yang dilakukan pemerintah diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Program Indonesia Pintar (PIP) dan Bantuan Tunai Bersyarat (BTB), merupakan aplikasi dari ....
A.
Program pemberian jaminan akses kebutuhan dasar bagi rakyat bawah
B.
Program kredit lunak dan penjaminan kredit berbasis kemitraan
C.
Pengembangan usaha atau industri kecil
D.
Program Corporate Social Responsibility (CSR)
13. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan telah mengusahakan beberapa hal terkait dengan alternatif pendistribusian pendapatan. Alat utama pemerintah dalam redistribusi pendapatan adalah ....
A.
Subsidi dan produksi
B.
Pengenaan pajak dan konsumsi
C.
Subsidi dan pengenaan pajak
D.
Produksi dan konsumsi
14. Perhatikan gambar berikut !
Nama rempah yang menjadi daya tarik bangsa Eropa datang ke Nusantara ini adalah ....
A.
Pala
B.
Lada
C.
Kemiri
D.
Cengkeh
15. Semangat untuk membangun kembali kejayaan bangsa Eropa dengan menaklukan bangsa-bangsa lain merupakan pendorong kedatangan bangsa Eropa dari faktor ....
A.
Good
B.
Gold
C.
Gosfel
D.
Glory
16. Perhatikan tabel berikut !
Pelaut Protugis yang pada tahun 1512 telah berhasil sampai di Maluku adalah ....
A.
Vasco da Gama
B.
Bartolomeus Diaz
C.
Alfonso d’Albuque rque
D.
Antonio de Abreu
17. Perhatikan peta berikut !
Tanda titik-titik merupakan jalur armada Cornelis de Houtman mengarungi ujung selatan Afrika, selanjutnya terus menuju kearah timur melewati Samudra Hindia. Pada tahun 1596, armada Cornelis de Houtman melalui Selat Sunda tiba di ....
A.
Maluku
B.
Malaka
C.
Banten
D.
Gowa
18. Pieter Both mendirikan pusat perdagangan VOC di Ambon, Maluku. Namun kemudian, pusat dagang dipindahkan ke Jayakarta (Jakarta). Hal yang menjadi alasan utama pemindahan tersebut adalah ....
A.
Jawa lebih strategis sebagai lalu-lintas perdagangan
B.
Jawa penduduknya lebih banyak
C.
Jawa tanahnya lebih subur
D.
Jawa penghasil rempah-rempah yang banyak dicari bangsa Eropa
19. Perhatikan fakta sejarah berikut ini !
Mencetak uang dan Mengedarkan uang sendiri
Kerja paksa
Memonopoli perdagangan rempah-rempah
Sistem sewa tanah ( landrent-system)
Manakah fakta-fakta sejarah berikut ini yang merupakan Hak Oktroi VOC ?
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(3) dan (4)
20. Pada tahun 1830, Johannes van den Bosch menerapkan sistem tanam paksa (cultuur stelsel). Kebijakan ini diberlakukan karena Belanda menghadapi kesulitan keuangan akibat ?
A.
Perang Diponegoro
B.
Perang Paderi
C.
Perang Aceh
D.
Perang Banjar
21. Pada tahun 1870 keluar Undang-Undang Agraria (Agrarische Wet) yang mengatur tentang prinsip-prinsip politik tanah di negeri jajahan yang menegaskan bahwa pihak swasta dapat menyewa tanah, baik tanah pemerintah maupun tanah penduduk. Pada tahun yang sama juga (1870) keluar Undang-undang Gula (Suiker Wet) yang berisi ....
A.
Larangan mempekerjakan tenaga pribumi
B.
Larangan mengangkut tebu keluar dari Indonesia.
C.
prinsip-prinsip politik tanah di negeri jajahan
D.
Larangan mempekerjakan tenaga asing
22. Perhatikan tabel berikut !
Pasangan yang tepat antara tokoh perlawanan dan asal daerah adalah ....
A.
1 dan B
B.
2 dan D
C.
3 dan A
D.
4 dan C
23. Perhatikan foto pahlawan Berikut !
Ia lahir pada tanggal 11 November 1785 di Yogyakarta dengan nama Mustahar dari seorang selir bernama R.A. Mangkarawati. Semasa kecilnya bernama Bendara Raden Mas Antawirya. Pahlawan nasional tersebut lebih dikenal dengan nama ....
A.
Sultan Hasanudin
B.
Pangeran Diponegoro
C.
Tuanku Imam Bonjol
D.
Sultan Baabullah
24. Snouck Hurgronje memberikan saran-saran kepada Belanda mengenai cara mengalahkan orang Aceh. Menurut Hurgronje, Aceh tidak mungkin dilawan dengan kekerasan, sebab karakter orang Aceh tidak akan pernah menyerah, Karena jiwa jihad orang Aceh sangat tinggi. Menurut Snouck Hurgronje taktik yang paling tepat adalah dengan mengadu domba antara golongan ....
A.
Uleebalang (bangsawan) dan kaum ulama
B.
Kaum Padri dan kaum adat
C.
Kaum bangsawan dan rakyat jelata
D.
Kaum bangsawan dan putra mahkota
25. Perhatikan konsep-konsep di bawah ini!
Hak tawan karang
Sultan Hasanudin
Perjanjian Bongaya
Kerajaan Buleleng
Kerajaan Gowa
Puputan Jagaraga
Patih I Gusti Ketut Jelantik.
Aru Palaka
Ciri-ciri perang Jagaraga di Bali ditunjukkan pada ....
A.
(1), (4), (5) dan (7)
B.
(1), (4), (6) dan (8)
C.
(2), (3), (6) dan (8)
D.
(1), (4), (6) dan (7)
26. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
Perluasan Pendidikan
Kemenangan Jepang atas Rusia
Timbulnya gerakan nasional di berbagai negara
Kegagalan perjuangan di berbagai daerah
Rasa senasib sepenanggungan
Dari pernyataan di atas yang merupakan faktor pendorong pergerakan nasional yang berasal dari dalam ditunjukan pada nomor ....
A.
1, 2 dan 3
B.
1, 3 dan 5
C.
1, 4 dan 5
D.
2, 3 dan 4
27. Pemerintah Hindia Belanda menerapkan kebijakan Politik Etis pada tahun 1901, Tiga kebijakan tersebut sebenarnya bertujuan memperbaiki kondisi masyarakat yang semakin terpuruk.
Isi kebijakan Politik Etis tersebut adalah ....
A.
Migrasi, Irigasi, Edukasi
B.
Irigasi, Transmigrasi, Edukasi
C.
Migrasi, Transportasi, Edukasi
D.
Migrasi, Irigasi, Transmigrasi
28. Kemenangan Jepang atas Rusia memberikan pengaruh positif bagi pergerakan nasional Indonesia sebab ....
A.
Jepang sebagai bangsa Asia mampu mengalahkan Rusia sehingga membangkitkan kepercayaan bangsa Indonesia akan kekuatan sendiri
B.
Jepang membantu perjuangan bangsa Indonesia berupa persenjataan
C.
Indonesia dapat meminta bantuan Jepang untuk mendesak Belanda
D.
Kekalahan Rusia menandai kekalahan bangsa Eropa seluruhnya
29. Sejak tahun 1930 organisasi-organisasi pergerakan Indonesia mengubah taktik perjuangannya, mereka menggunakan taktik kooperatif atau bersedia bekerja sama dengan pemerintah Hindia Belanda, sehingga masa tersebut dikenal dengan ....
A.
Masa radikal
B.
Jaman konsultasi
C.
Masa moderat
D.
Jaman penegas
30. Tujuan utama berdirinya Budi Utomo adalah ....
A.
Mendirikan sekolah pribumi
B.
Meningkatkan derajat bangsa melalui pendidikan dan kebudayaan
C.
Mempersatukan para tokoh perjuangan bangsa dalam melawan penjajah
D.
Melakukan perundingan dengan pihak penjajah
31. Sarekat Dagang Islam diganti menjadi Sarekat Islam pada tanggal 10 September 1912 dengan maksud ....
A.
Agar kegiatan organisasi lebih terbuka ke bidang-bidang lain, tidak hanya perdagangan
B.
Ada penyegaran di bawah pimpinan H.O.S Cokroaminoto
C.
Menghindari perpecahan di tubuh SDI
D.
Agar segera mendapatkan status berbadan hukum
32. Douwes Dekker adalah seorang keturunan Belanda, tetapi dalam perjuangannya ternyata menjadi pelopor pendirian partai politik pada tahun 1912. Partai yang didirikan bersama Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat adalah ....
A.
Indische Vereniging
B.
Indische Partij
C.
Europische Verbond
D.
Inlander
33. Di negeri Belanda didirikan organisasi perjuangan oleh para pelajar Indonesia. Organisasi tersebut adalah ....
A.
Perhimpunan Bumi Putra
B.
Perhimpunan Indonesia
C.
Perhimpunan Pemuda Indonesia
D.
Perhimpunan pelajar Indonesia
34. Adanya penangkapan terhadap para pemimpin PNI memberi dampak pada ....
A.
Bubar (pecahnya) PNI menjadi Partindo dan PNI Baru
B.
Pemerintah kolonial melonggarkan pengawasan
C.
Semakin kuatnya tuntutan untuk merdeka
D.
Munculnya Gapi yang menginginkan Indonesia Berparlemen
35. Setelah PNI dibubarkan tahun 1930, Hatta dan Syahrir mendirikan partai politik yang dianggap penjelmaan dari PNI. Partai yang dimaksud bernama ....
A.
Parindra
B.
Gapi
C.
PNI Pendidikan
D.
Gerindo
36. Salah satu alasan dibentuknya Gapi adalah kegagalan petisi Sutarjo yang berisi tentang ....
A.
Penghapusan dan penggantian istilah Inlander menjadi Indonesisch
B.
Penggunaan bahasa Indonesia dalam volksraad
C.
Keinginan membentuk pemerintahan sendiri
D.
Tuntutan untuk menjadi persemakmuran Belanda
37. Partai-partai yang menggunakan taktik kooperatif dan partai-partai yang menggunakan taktik non kooperatif mempunyai persamaan dalam hal ....
A.
Struktur organisasinya
B.
Modal perjuangannya
C.
Sikap perjuangannya
D.
Tujuan perjuangannya
38. Perhatikan tabel organisasi bentukan Jepang berikut !
Berdasarkan tabel di atas, yang termasuk organisasi semi militer bentukan Jepang adalah ....
A.
A1, B2, A2 dan B2
B.
A1, B2, A3 dan B3
C.
A2, B1. A2 dan B2
D.
A2, B2, A3 dan B3
39. Perhatikan peta berikut !
Pantai Eretan tempat Jepang mendarat ditunjukkan pada nomor ....
A.
1
B.
2
C.
3
D.
4
40. Perhatikan fakta sejarah Perubahan pada Masa Kolonial Barat dan Perubahan Masyarakat pada Masa Penjajahan Jepang berikut ini :
Perubahan dalam Aspek Geografi
Perubahan dalam Aspek Ekonomi
Perluasan Penggunaan Lahan
Persebaran Penduduk dan Urbanisasi
Manakah fakta-fakta sejarah berikut ini yang termasuk Perubahan pada Masa Kolonial Barat ?
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(3) dan (4)
41. Perhatikan gambar berikut !
Gambar . Hubungan pelaku ekonomi dua sektor
Dari gambar di atas jelas masing-masing peran dua pelaku ekonomi tersebut !
Jawaban:
a. Peran Rumah Tangga Keluarga/Rumah Tangga Konsumen (RTK) :
Pemakai (konsumen) barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Pemasok faktor produksi kepada rumah tangga perusahaan untuk melakukan proses produksi.
b. Peran Rumah Tangga Perusahaan/Rumah Tangga Produsen (RTP) :
penyedia barang dan jasa bagi konsumen
pengguna faktor produksi.
42. Jelaskan 3 strategi yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengembangkan agrikultur di Indonesia !
Jawaban:
Beberapa strategi yang dapat dilakukan pemerintah dalam mengembangkan agrikultur di Indonesia antara lain:
a. Ekofarming
Strategi ekofarming merupakan peningkatkan sistem budidaya di sektor pertanian yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan kearifan lokal di setiap daerah di Indonesia.
b. Distribusi Pupuk Secara Merata
Strategi yang kedua ini, berupa distribusi pupuk secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Langkah yang ditempuh dalam strategi ini adalah petani diminta menjumlahkan kebutuhan pupuk untuk kebutuhan tanamnya perhektar selama satu tahun. Dengan cara ini pemerintah akan dapat mengetahui kebutuhan pupuk selama satu tahun sehingga dapat menyediakan stok pupuk sesuai dengan kebutuhan petani.
c. Perbaikan Irigasi
Pertanian yang berhasil tidak lepas dari baiknya sistem irigasi yang diterapkan. Oleh karena itu, pemerintah mengusahakan keterjaminan ketersediaan air untuk pertanian dengan perbaikan atau pengadaan irigasi yang baik.
43. Perjanjian Bongaya adalah perjanjian antara Sultan Hasanuddin dan VOC. Jelaskan Isi dari perjanjian Bongaya !
Jawaban:
Isi dari perjanjian Bongaya sebagai berikut.
Belanda memperoleh monopoli dagang rempah-rempah di Makassar;
Belanda mendirikan benteng pertahanan di Makassar;
Makassar harus melepaskan daerah kekuasaannya berupa daerah di luar Makassar;
Aru Palaka diakui sebagai Raja Bone.
44. Jelaskan faktor internal yang melatarbelakangi terjadinya pergerakan nasional di Indonesia !
Jawaban:
faktor internal yang melatarbelakangi pergerakan nasional :
Perluasan pendidikan,
Kegagalan perjuangan di berbagai daerah,
Rasa senasib sepenanggungan,
Perkembangan berbagai organisasi etnik kedaerahan
45. Perhatikan gambar berikut !
Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang melakukan propaganda dengan semboyan “Tiga A”. Jelaskan yang dimaksud dengan “Tiga A” !
Jawaban:
Propaganda dengan semboyan “Tiga A”
Jepang Pemimpin Asia,
Jepang Pelindung Asia,
Jepang Cahaya Asia
LATIHAN LAGI
SOAL LAINNYA
DAFTAR SOAL PAS-PAT KLS 8
- SOAL PAS/PAT B. INDONESIA KLS 8 GENAP
- SOAL PAS/PAT MATEMATIKA KLS 8 GENAP
- SOAL PAS/PAT IPA KLS 8 GENAP
- SOAL PAS/PAT B. INGGRIS KLS 8 GENAP
- SOAL PAS/PAT PPKN KLS 8 GENAP
- SOAL PAS/PAT IPS KLS 8 GENAP
- SOAL PAS/PAT SENI BUDAYA KLS 8 GENAP
- SOAL PAS/PAT PRAKARYA KLS 8 GENAP
- SOAL PAS/PAT PJOK KLS 8 GENAP
- SOAL PAS/PAT PAI KLS 8 GENAP
DAFTAR SOAL US/UM KLS 9
- SOAL US : B. INDONESIA-1 KELAS 9
- SOAL US : B. INDONESIA-2 KELAS 9
- SOAL US : B. INGGRIS-1 KELAS 9
- SOAL US : B. INGGRIS-2 KELAS 9
- SOAL US : MATEMATIKA-1 KELAS 9
- SOAL US : IPA-1 KELAS 9
- SOAL US : IPS-1 KELAS 9
- SOAL US : IPS-2 KELAS 9
- SOAL US : SENI BUDAYA-1 KELAS 9
- SOAL US : SENI BUDAYA-2 KELAS 9
- SOAL US : PRAKARYA-1 KELAS 9
- SOAL US : LAINNYA MASIH PROSES...
- SIMULASI UJIAN SEKOLAH
- PAS/UAS IPA KLS 7 SMT GANJIL
- PAS/UAS IPA KLS 8 SMT GANJIL
- PAS/UAS IPA KLS 9 SMT GANJIL
- UAS PRAKARYA KLS 7 SMT 1
- PAS-UAS PRAKARYA 8 GANJIL
- UAS MATEMATIKA KLS.7 SMT 1
- UAS IPS KLS.7 SMT 1
- UAS MATEMATIKA KLS.8 SMT 1
- UAS MATEMATIKA KLS.9 SMT 1
Semoga Latihan Soal PAT - PAS GENAP IPS KELAS 8 SMP/MTs ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!!
Install Aplikasinya di Android, Berikut Link Downloadnya:
Rumah Belajar.APK
AJAK TEMAN-TEMAN BELAJAR, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
SUBMIT
Tags
:
PAS
,
Soal
2 comments:
Anonim
9 Mei 2022 pukul 23.04
YA
Balas
Hapus
Balasan
Balas
Anonim
9 Mei 2022 pukul 23.04
Balas
Hapus
Balasan
Balas
Tambahkan komentar
Muat yang lain...
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Arsip Blog
►
2024
(1)
►
Juni
(1)
►
2023
(3)
►
Februari
(2)
►
Januari
(1)
►
2022
(100)
►
November
(4)
►
April
(12)
►
Februari
(53)
►
Januari
(31)
▼
2021
(516)
►
Desember
(14)
►
November
(81)
►
Oktober
(51)
►
September
(124)
►
Agustus
(28)
►
Juli
(18)
►
Juni
(7)
►
Mei
(13)
▼
April
(13)
SOAL PAT - PAS GENAP BAHASA INGGRIS KELAS 7 SMP/MTs
SOAL PAT - PAS GENAP BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP/MTs
SOAL PAT - PAS GENAP PJOK KELAS 8 SMP/MTs
SOAL PAT - PAS GENAP PAI KELAS 8 SMP
SOAL PAT - PAS GENAP SENI BUDAYA KELAS 8 SMP/MTs
SOAL PAT - PAS GENAP IPS KELAS 8 SMP/MTs
SOAL PAT - PAS GENAP PPKN KELAS 8 SMP/MTs
SOAL PAT - PAS GENAP MATEMATIKA KELAS 8
SOAL PAT - PAS GENAP BAHASA INDONESIA KELAS 8
SOAL PAT - PAS GENAP BAHASA INGGRIS KELAS 8
SOAL PAT - PAS GENAP PRAKARYA KELAS 8
SOAL PAT - PAS GENAP IPA KELAS 8
Pembahasan Soal KSN IPA - FISIKA SMP/MTs
►
Maret
(45)
►
Februari
(51)
►
Januari
(71)
►
2020
(92)
►
Desember
(28)
►
November
(29)
►
Oktober
(8)
►
September
(17)
►
Agustus
(1)
►
Juni
(2)
►
Mei
(6)
►
Maret
(1)
►
2019
(2)
►
Desember
(2)
Label
AKM
(1)
Artikel
(9)
ASSESMEN MADRASAH
(1)
Biologi
(12)
Cerpen
(4)
download
(52)
Fisika
(25)
kelas 6
(4)
Kelas 8
(2)
Khutbah
(7)
KSM
(5)
KSN
(16)
Kuis
(70)
LIRIK LAGU
(2)
matematika
(1)
Materi
(78)
PAS
(128)
Penilaian Harian
(53)
Prakarya
(15)
PTS
(146)
Simulasi cat
(22)
Soal
(384)
UJIAN AKHIR
(51)
Postingan Populer
SOAL PTS IPS KELAS 8 SMP/MTS GANJIL
Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah Latihan mengerjakan SOAL PTS IPS KELAS 8 SMP/MTS GANJIL. Yuk Gaes!!!.. Buktikan bah...
SOAL PTS IPS KELAS 7 SMP/MTS GANJIL
Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah Latihan mengerjakan SOAL PTS IPS KELAS 7 SMP/MTS GANJIL. Yuk Gaes!!!.. Buktikan bah...
SOAL PTS IPS KELAS 9 SMP/MTS GANJIL
Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah Latihan mengerjakan SOAL PTS IPS KELAS 9 SMP/MTS GANJIL. Yuk Gaes!!!.. Buktikan bah...
YA
BalasHapus