
SOAL PAT - PAS GENAP SENI BUDAYA KELAS 7 SMP/MTs

Tema ragam hias motif batik di samping yaitu ....
| A. | Fauna |
|---|---|
| B. | Flora |
| C. | Flora dan Fauna |
| D. | Serangga |
5. Dalam pembuatan karya seni tekstil bahan pewarna yang digunakan ada yang berasal dari alam dan pewarna buatan. Pewarna dari alam biasanya berupa ....
| A. | Tinta warna |
|---|---|
| B. | Akar – akaran |
| C. | Naptol |
| D. | Lilin / malam |
6. Teknik menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan cara stilasi. Maksud dari stilasi adalah ....
| A. | Memberi latar belakang |
|---|---|
| B. | Memberi gelap terang |
| C. | Pemberian tekstur |
| D. | Penggayaan / pengembangan |
7. Di Indramayu terkenal pula sebagai penghasil karya seni terapan Batik. Tepatnya di daerah ....
| A. | Parean |
|---|---|
| B. | Paoman |
| C. | Terisi |
| D. | Losarang |
8. Kota Jepara di Jawa Tengah terkenal dengan hasil karya seni terapan daerah yaitu ....
| A. | Keramik |
|---|---|
| B. | Batik |
| C. | Ukiran kayu |
| D. | Patung kayu |
9. Penerapan ragam hias pada bahan tekstil dilakukan dengan teknik yang berbeda – beda. Dibawah ini manakah yang merupakan teknik dalam ragam hias berbahan tekstil ....
| A. | Tempa |
|---|---|
| B. | Ukir |
| C. | Songket |
| D. | Butsir |
10. Jenis bahan tekstil yang mempunyai sifat menyerap air, mudah kusut, lentur dan dapat disetrika dalam temperatur yang panas disebut ....
| A. | Katun |
|---|---|
| B. | Wol |
| C. | Sutera |
| D. | Polyester dan nilon |
11. Dalam penerapan ragam hias pada produk kaos oblong apakah fungsi dari alas karton atau triplek ....
| A. | Untuk menjaga tidak kusut |
|---|---|
| B. | Untuk menjaga cat tidak tembus |
| C. | Untuk menjaga ukuran gambar |
| D. | Untuk menjaga kaos tidak terpotong |
12.Perhatikan gambar berikut!

Tema ragam hias di atas adalah ....
| A. | Flora |
|---|---|
| B. | Fauna |
| C. | Figuratif |
| D. | Geometris |
13. Hasil karya seni ragam hias berbahan kayu merupakan karya seni rupa yang berbentuk ....
| A. | Dua dimensi |
|---|---|
| B. | Tiga dimensi |
| C. | Empat dimensi |
| D. | Lima dimensi |
14. Kegiatan membentuk tonjolan dan cekungan berbentuk ragam hias tertentu pada permukaan kayu dengan menggunakan alat pahat merupakan pengertian dari ....
| A. | Membutsir |
|---|---|
| B. | Mencetak |
| C. | Mengukir |
| D. | Mengkonstruksi |
15. Perhatikan gambar di bawah ini!
Manakah hasil karya seni rupa dengan bentuk dasar kubistis ....
| A. | A |
|---|---|
| B. | B |
| C. | C |
| D. | D |
16. Campuran warna merah dan biru akan menghasilkan warna ....
| A. | Oranye |
|---|---|
| B. | Ungu |
| C. | Cokelat |
| D. | Hijau |
17. Salah satu jenis pahat yang gunanya untuk membersihkan pada sudut sela – sela ukiran dan meraut bagian – bagian yang diperlukan disebut ....
| A. | Pahat kuku |
|---|---|
| B. | Pahat lengkung |
| C. | Pahat lurus |
| D. | Pahat pegot |
18. Alat apakah yang digunakan untuk mengukir ragam hias di atas kayu ....
| A. | Pahat dan pemukul |
|---|---|
| B. | Pisau dan gergaji |
| C. | Paku dan Palu |
| D. | Pahat dan Pisau |
19. Apakah kegunaan pahat kuku ....
| A. | Untuk mengerjakan bagian yang lurus |
|---|---|
| B. | Untuk mengerjakan bagian lengkung, melingkar, cekung dan ikal |
| C. | Untuk membersihkan pada sudut sela-sela ukiran |
| D. | Untuk mengerjakan bagian-bagian cekung yang tidak dapat dikerjakan dengan pahat kuku |
20. Pembuatan karya seni rupa berbahan kayu dengan teknik melukis akan menghasilkan tekstur yang ....
| A. | Keras |
|---|---|
| B. | Lembut |
| C. | Kasar |
| D. | Halus |
21. Berikut yang dimaksud dengan bernyanyi dua suara adalah ....
| A. | Dua orang yang bernyanyi bersama |
|---|---|
| B. | Bernyanyi dengan membagi suara satu dan suara dua |
| C. | Bernyanyi dengan dua irama |
| D. | Bernyanyi dengan cara unisono |
22. Dalam penampilan vokal grup syarat utama yang harus diperhatikan adalah ....
| A. | Kerja sama |
|---|---|
| B. | Penampilan individu |
| C. | Volume suara |
| D. | Ekspresi |
23. Bentuk penyajian vokal grup tanpa musik pengiring disebut ....
| A. | Vokal |
|---|---|
| B. | Instrumentalia |
| C. | Akapela |
| D. | Nasyid |
24. Bernyanyi yang anggotanya berjumlah 12 sampai dengan 28 orang, dinamakan ....
| A. | Vocal group |
|---|---|
| B. | Lagu kanon |
| C. | Akapela |
| D. | Nasyid |
25. Lagu yang dinyanyikan oleh dua kelompok atau lebih dengan melodi yang saling kejar-kejaran adalah ....
| A. | lagu nasional |
|---|---|
| B. | lagu pop |
| C. | lagu kanon |
| D. | lagu rohani |
26. Menyanyi dengan banyak suara secara kanon dapat melatih ....
| A. | Saling menghormati dan menghargai satu sama lain |
|---|---|
| B. | Saling membantu |
| C. | saling menunjukkan kemampuan |
| D. | saling berkompetisi dalam bernyanyi |
27. Yang bertugas memimpin dalam paduan suara disebut ....
| A. | Pemandu |
|---|---|
| B. | Dirigen |
| C. | Pemimpin |
| D. | Vokalis |
28. Lagu Apuse berasal dari propinsi ....
| A. | Irian jaya |
|---|---|
| B. | Kalimantan |
| C. | Sulawesi |
| D. | Jawa Barat |
29. Teknik pernapasan yang baik dalam bernyanyi adalah ....
| A. | Pernapasan dada |
|---|---|
| B. | Pernapasan diafragma |
| C. | Pernapasan perut |
| D. | Pernapasan hidung |
30. Di bawah ini yang merupakan contoh lagu-lagu daerah adalah ....
| A. | Tokecang dan Bungong Jeumpa |
|---|---|
| B. | Lir - ilir dan Bangun Pemudi-Pemuda |
| C. | Syukur dan Panon Hideung |
| D. | Butet dan Halo-halo Bandung |
31. Tarling adalah musik daerah dari ....
| A. | Indramayu |
|---|---|
| B. | Jakarta |
| C. | Aceh |
| D. | Madura |
32. Bermain musik secara bersama-sama menggunakan beberapa alat musik tertentu serta memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana merupakan pengertian ....
| A. | Group musik |
|---|---|
| B. | Perkumpulan musik |
| C. | Ansambel musik |
| D. | Vocal group |
33. Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas termasuk jenis alat musik ....
| A. | melodis |
|---|---|
| B. | harmonis |
| C. | ritmis |
| D. | instrumental |
34. Alat musik yang berfungsi untuk membawakan melodi suatu lagu disebut ....
| A. | Alat musik melodis |
|---|---|
| B. | Alat musik harmonis |
| C. | Alat musik ritmis |
| D. | Alat musik gesek |
35. Cara memainkan musik ansambel ada dua macam, yaitu ....
| A. | melodis dan campuran |
|---|---|
| B. | sejenis dan ritmis |
| C. | sejenis dan harmonis |
| D. | sejenis dan campuran |
36. Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar di atas adalah jenis alat musik yang dimainkan dengan cara ....
| A. | dipukul |
|---|---|
| B. | dipetik |
| C. | ditiup |
| D. | digesek |
37. Alat musik yang cara memainkannya digesek yaitu ....
| A. | Rebab |
|---|---|
| B. | Angklung |
| C. | Calung |
| D. | Gitar |
38. Alat musik daerah yang teknik permainannya dengan cara digoyang antara lain ....
| A. | suling dan kecapi |
|---|---|
| B. | gitar dan suling |
| C. | kolintang dan rebab |
| D. | angklung |
39. Perpaduan dari beberapa nada yang merdu disebut ....
| A. | Akord |
|---|---|
| B. | Irama |
| C. | Nada |
| D. | Intonasi |
40. Maestro keroncong Indonesia yang terkenal dengan lagu ciptaannya yang berjudul “ Bengawan Solo” adalah ....
| A. | Didi Kempot |
|---|---|
| B. | Peter Pan |
| C. | Gesang |
| D. | Sundari Sukoco |
II. URAIAN
41. Sebutkan teknik/ cara dalam penerapan ragam hias dengan bahan tekstil
Jawaban:
Cara penerapan ragam hias pada bahan tekstil
- membatik
- menenun
- membordir
- menyulam
- melukis
Cara penerapan ragam hias pada bahan tekstil
- membatik
- menenun
- membordir
- menyulam
- melukis
42. Sebutkan dan jelaskan jenis – jenis bahan tekstil
Jawaban:
Jenis bahan tekstil
Jenis bahan tekstil
- Katun
- Wol
- Sutera
- Tekstil dari bahan polyester dan nilon
43. Sebutkan 4 kegunaan jenis pahat
Jawaban:
Kegunaan Jenis Pahat
a. Pahat kuku : untuk mengerjakan bagian yang lengkung, melingkar, membentuk cembung, cekung, ikal, dan pecahan aris maupun peca han cawen
b. Pahat Lurus : Untuk mengerjakan bagian lurus atau rata. Pahat ini juga digunakan untuk membuat dasaran dan membuat siku - siku tepi ukiran dan dasaran
c. Pahat Lengkung : untuk mengerjakan bagian - bagian cekung yang tidak dapat dikerjakan oleh pahat kuku
d. Pahat miring ( pahat pengot) : untuk membersihkan sela - sela ukiran dan meraut bagian - bagian yang diperlukan
Kegunaan Jenis Pahat
a. Pahat kuku : untuk mengerjakan bagian yang lengkung, melingkar, membentuk cembung, cekung, ikal, dan pecahan aris maupun peca han cawen
b. Pahat Lurus : Untuk mengerjakan bagian lurus atau rata. Pahat ini juga digunakan untuk membuat dasaran dan membuat siku - siku tepi ukiran dan dasaran
c. Pahat Lengkung : untuk mengerjakan bagian - bagian cekung yang tidak dapat dikerjakan oleh pahat kuku
d. Pahat miring ( pahat pengot) : untuk membersihkan sela - sela ukiran dan meraut bagian - bagian yang diperlukan
44. Jelaskan menurut pendapat kalian apakah yang dimaksud dengan Latihan Lagu Tiga Suara
Jawaban:
Latihan lagu tiga suara : Lagu yang dinyanyikan dalam 3 kelompok. kelompok pertama dinyanyikan oleh kelompok perempuan bersuara tinggi, kelompok kedua oleh perempuan bersuara rendah dan kelom ketiga oleh suara laki - laki.
Latihan lagu tiga suara : Lagu yang dinyanyikan dalam 3 kelompok. kelompok pertama dinyanyikan oleh kelompok perempuan bersuara tinggi, kelompok kedua oleh perempuan bersuara rendah dan kelom ketiga oleh suara laki - laki.
45. Sebutkan masing – masih 3 contoh dari ...
a. Alat musik Ritmis
b. Alat musik melodis
c. Alat musik harmonis
Jawaban:
Contoh Jenis alat musik
a. Contoh Alat musik ritmis
- bedug
- bel
- kendang
b. Contoh Alat musik Melodis
- rekorder
- terompet
- suling
c. Contoh Alat Musik Harmonis
- piano
- gitar
- organ
Contoh Jenis alat musik
a. Contoh Alat musik ritmis
- bedug
- bel
- kendang
b. Contoh Alat musik Melodis
- rekorder
- terompet
- suling
c. Contoh Alat Musik Harmonis
- piano
- gitar
- organ
Install Aplikasinya di Android, Berikut Link Downloadnya: Rumah Belajar.APK
AJAK TEMAN-TEMAN BELAJAR, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!
0 comments:
Posting Komentar