TEKANAN


1. Tekanan Zat Padat
Tekanan adalah gaya yang bekerja pada suatu benda tiap satuan luas. Apabila gaya yang diberikan pada suatu benda semakin besar, maka tekanan yang dihasilkan akan semakin besar. Sebaliknya, semakin luas permukaan suatu benda, tekanan yang dihasilkan semakin kecil. Secara matematis, besaran tekanan dapat dituliskan dalam persamaan sebagai berikut.

Setelah mengetahui bahwa besar tekanan dipengaruhi oleh besarnya gaya dan luas bidang, sekarang kamu tentunya dapat menjelaskan alasan ketika kamu berjalan di tanah berlumpur dengan menggunakan sepatu boot, kamu akan lebih mudah berjalan dan tidak mudah terjebak masuk ke dalam lumpur dibandingkan dengan menggunakan sepatu dengan pijakan yang sempit. Kamu juga dapat memahami alasan angsa lebih mudah mencari makanan di tempat yang berlumpur dari pada ayam.

2. Tekanan Zat Cair (Hidrostatis)
kedalaman zat cair dan massa jenis zat cair memengaruhi tekanan yang dihasilkan oleh zat cair atau disebut dengan tekanan hidrostatis. Semakin dalam zat cair, semakin besar tekanan yang dihasilkan. Semakin besar massa jenis zat cair, semakin besar pula tekanan yang dihasilkan.
 Rumus Tekanan Hidrostatik dan Tekanan pada Benda Padat | idschool
 

Tekanan hidrostatis ini penting untuk diperhatikan dalam merancang berbagai struktur bangunan dalam penampungan air, misalnya pembangunan bendungan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Selain PLTA, para arsitek kapal selam juga memperhitungkan tekanan hidrostatis air laut, sehingga kapal selam mampu menyelam ke dasar laut dengan kedalaman ratusan meter tanpa mengalami kebocoran atau kerusakan akibat tekanan hidrostatis.

Hukum Pascal
Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan besar yang sama. Hal ini merupakan bunyi dari hukum Pascal yang dikemukakan oleh Blaise Pascal (1623- 1662).



Jika pada penampang dengan luas A1 diberi gaya dorong F1, maka akan dihasilkan tekanan P1, Menurut hukum Pascal tekanan P1 tersebut diteruskan ke segala arah dengan sama besar, termasuk ke luas penampang A2. Secara matematis diperoleh persamaan pada dongkrak hidrolik sebagai berikut.


Silahkan Pelajari juga : Pembahasan Soal Tekanan
Baca juga Materi Selanjutnya : Aplikasi Konsep Tekanan Pada Makhluk Hidup Penggunaan hukum pascal: dongkrak hidrolik dan pompa hidrolik.
Berikut video pembahasan soal Hukum Pascal:

Baca Juga: Materi IPA BAB LAINNYA

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp
Tags :

34 komentar:


  1. Materinya cukup jelas dan insyaallah saya paham👍

    BalasHapus

  2. Materinya cukup jelas dan insyaallah saya paham👍

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Materinya sangat jelas (Victor 8E)

    BalasHapus
  5. AULIYA NAURA VIIIF11 Januari 2022 pukul 16.34

    Halooo aku Auliya Naura Nadhifa dari kelas VIII F,pertama Tama terimakasih dahulu kepada bapak Purwanto selaku pembimbing mapel IPA dalam kelas saya,yang sudah memberi materii juga beberapa soal soal yang tersedia di sini,karena sangat memudahkan bagi saya yang lumayan susah muter muter nyari materi

    BalasHapus
  6. nama: frisca
    nomer absen: 19
    kelas: 8f

    BalasHapus
  7. Aura Putri Mariza
    8f
    13

    BalasHapus
  8. Nama : Aina Cahya Kamila
    Kelas : 8F
    Absen : 06

    BalasHapus
  9. Muhamad Ferdian Dinta Praska
    8F
    Hadir

    BalasHapus
  10. Nama:Tasya Aliana Saputri
    Kelas:8f
    Absen:29
    HADIR

    BalasHapus
  11. HADIR
    nama: Leisa Damayanti
    kls:8h
    no.absen: 11

    BalasHapus
  12. nama: shafa ardila mukti
    kelas: 8E
    absen: 25

    Tekanan berbanding lurus dengan gaya (F) dan luas bidang (A). Semakin besar gaya yang diberikan pada benda, maka tekanan yang dihasilkan semakin besar.

    Tekanan hidrostatis adalah tekanan pada zat cair yang diam. Semakin dalam zat cair, semakin besar pula tekanan yang dihasilkan.

    Hukum Pascal adalah tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup yang akan diteruskan ke segala arah dengan sama besar. Penerapan dari hukum Pascal yaitu pompa hidrolik.

    sekian, terima kasih

    BalasHapus
  13. Nama:denibayusaputra
    Kls:8g
    Abs:08
    Tekanan adalah gaya yang bekerja pada suatu benda tiap satuan luas.

    BalasHapus