SOAL PTS GENAP IPA KELAS 9

Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah Soal PTS GENAP IPA KELAS 9 SMP/MTs Tahun 2021.
SELAMAT MENGERJAKAN

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang kamu anggap benar!


1. Benda yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet disebut dengan ....

A. Feromagnetik
B. Paramagnetik
C. Diamagnetik
D. Bahan magnetik

2. Gambar berikut menunjukkan 3 buah magnet batang!

Jika C kutub utara, B dengan C tolak-menolak, serta D dengan E tarik-menarik. Maka jenis kutub magnet pada A dan F adalah ....

A. A kutub Utara, F kutub utara
B. A kutub selatan, F kutub utara
C. A kutub utara, F kutub selatan
D. A kutub selatan, F kutub selatan

3. Berikut ini sifat-sifat magnet, kecuali ....

A. Mempunyai dua kutub
B. Kutub merupakan bagian magnet yang gaya magnetnya terbesar
C. Mempunyai daerah netral
D. Kutub senama didekatkan akan saling tarik menarik

4. perhatikan gambar berikut!

Sebuah besi ingin dijadikan magnet dengan dililitkan kawat berarus seperti gambar di atas. Urutan nama kutub yang terbentuk dari kiri ke kanan berturut-turut adalah ....

A. utara - selatan - utara - selatan
B. utara - selatan - selatan - utara
C. selatan - utara - utara - selatan
D. selatan - utara - selatan - utara

5. Hans christian Oersted berhasil menemukan bahwa ....

A. Di sekitar medan magnet terdapat listrik
B. Di sekitar kawat berarus listrik terdapat medan magnet
C. Di sekitar listrik terdapat medan listrik
D. Di sekitar magnet terdapat gaya

6. Suatu alat menghasilkan gaya Lorentz sebesar 20 N dengan kuat arus listrik 2 A dan kumparan yang panjangnya 200 cm. Maka besarnya kekuatan medan magnet itu adalah ....

A. 80 T
B. 220 T
C. 5 T
D. 40 T

7. Perhatikan gambar berikut!

Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka peristiwa yang akan terjadi pada paku adalah....

A. paku dapat menjadi magnet
B. paku mampu mengalirkan listrik
C. paku tidak mengalami reaksi apapun
D. paku akan meleleh

8. Sebuah besi akan di buat magnet seperti gambar berikut!

Kutub yang dimiliki oleh ujung P dan Q adalah ....

A. P kutub selatan, Q kutub utara, permanen
B. P kutub selatan, Q kutub utara, sementara
C. P kutub utara, Q kutub selatan, permanen
D. P kutub utara, Q kutub selatan, sementara

9. Sebuah kawat tembaga sepanjang 10 m dialiri arus listrik sebesar 5 mA. Jika kawat tembaga tersebut tegak lurus berada dalam medan magnet sebesar 8 tesla, gaya Lorentz yang timbul adalah....

A. 0,1 N
B. 0,4 N
C. 0,8 N
D. 1,4 N

10. Sebuah besi akan di buat magnet seperti gambar berikut!

Kutub yang dimiliki oleh ujung A dan B adalah....

A. A kutub utara, B kutub selatan, sementara
B. A kutub utara, B kutub selatan, permanen
C. A kutub selatan, B kutub utara, sementara
D. A kutub selatan, B kutub utara, permanen

11. Sebuah transformator memiliki 300 lilitan primer dan 30 lilitan sekunder. Diketahui tegangan pada lilitan primer adalah 220 volt. Besar tegangan pada lilitan sekunder adalah ....

A. 22 volt
B. 24 volt
C. 26 volt
D. 28 volt

12. Proses peningkatan mutu pangan dengan memanfatkan bahan dasar singkong. Bioteknologi konvensional yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan ....

A. Lactobacillus lactis untuk mengubah amilum menjadi gula
B. Aspergilus wentii untuk mengubah amilum menjadi alkohol
C. Saccharomyces cerviseae untuk mengubah amilum menjadi gula
D. Acetobakter xylinum untuk gula menjadi alkohol

13. Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah ....

A. glukosa –> CO2 + H2O + energi
B. glukosa -> CO2 + alkohol + energi
C. glukosa + O2 –> CO2 + alkohol + energi
D. glukosa + O2 –> CO2 + H2O + energi

14. Bioteknologi dalam penerapannya tidak selalu bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi juga berdampak tidak baik bagi manusia. Berikut ini yang bukan dampak buruk dari bioteknologi adalah ....

A. hasil limbah yang tinggi hasil dari sisa produk bioteknologi
B. mengurangi plasma nutfah di Indonesia
C. alkohol yang dihasilkan selama proses fermentasi merusak kesehatan jika dikonsumsi
D. menciptakan hasil pangan dengan nilai gizi yang tinggi

15. Seorang peneliti melakukan penelitian menggunakan teknologi DNA rekombinan. Pada penelitian ini, ia menggunakan vektor berupa plasmid bakteri. Alasan peneliti tersebut menggunakan plasmid bakteri adalah ....

A. mudah disisipkan dan sulit dikeluarkan dari tubuh inang
B. sifatnya dapat diturunkan dari sel induk ke keturunannya
C. tidak mampu bereplikasi secara cepat
D. berukuran besar sehingga mudah untuk disisipkan DNA

16. Cabang ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan proses biologi untuk menghasilkan barang dan jasa dengan rekayasa fermentasi, biokimia dan genetika adalah ....

A. kloning
B. fusi sel
C. bioteknologi
D. fermentasi

17. Tomat flavr savr merupakan salah satu jenis tomat hasil dari proses rekayasa genetika. Tomat ini tahan busuk dan telah memberikan kontribusi yang besar di bidang pertanian. Buah tomat ini direkayasa dengan cara menyisipkan gen sehingga buah tomat tersebut tidak cepat membusuk. Selain dampak positif dari hasil bioteknologi tersebut ternyata penggunaan produk ini dikhawatirkan juga menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia yaitu ....

A. dapat menyebabkan timbulnya kanker
B. melemahnya sistem kekebalan tubuh
C. menyebabkan terbentuknya antibodi baru pada tubuh
D. menimbulkan gejala alergi pada tubuh

18. Perhatikan pernyataan berikut!
  1. Pembuatan alkohol dengan pemanfaatan Saccharomyces sp.
  2. Pembuatan nata de coco dengan pemanfaatan Acetobacter xylinum
  3. Proses ekstraksi logam dengan pemanfaatan Thiobacillus ferrooxidans
  4. Pembuatan hormon pertumbuhan dengan pemanfaatan Escherichia coli
Pernyataan tersebut merupakan penerapan prinsip bioteknologi. Produksi yang menerapkan bioteknologi konvensional ditunjukkan oleh nomor....

A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 4
D. 2 dan 4

19. Perhatikan gambar berikut!


Pembuatan tempe merupakan contoh bioteknologi konvensional. Tempe dibuat melalui fermentasi kedelai dengan mengunakan bantuan jamur Rhizopus sp. Manfaat yang didapat dari penerapan bioteknologi tersebut adalah ....

A. mengubah bentuk bahan makanan tersebut
B. meningkatkan sistem kekebalan tubuh
C. meningkatkan nilai gizi dari makanan tersebut
D. memanfaatkan jumlah kedelai yang berlebihan

20. “Atom terdiri dari inti atom di bagian pusat, di mana elektron mengelilingi inti atom dengaan lintasan tertentu sambil memancarkan gelombang elektromagnetik.”
Pernyataan ini merupakan model atom yang disampaikan oleh ....

A. Rutherford
B. Rutherford
C. Niels Bohr
D. J Thomson

21. Dua atom atau lebih yang bergabung (melalui ikatan kimia), baik antara atom-atom yang sama maupun atom-atom yang berbeda disebut ....

A. atom
B. campuran
C. larutan
D. molekul

22. Ruthenium mempunyai nomor atom 44 dan nomor massa 101. Jumlah proton yang terdapat dalam atom ruthenium adalah ....

A. 44
B. 57
C. 88
D. 101

23. Berikut ini yang bukan merupakan penyebab perbedaan sifat suatu zat dengan zat lain adalah ....

A. perbedaan jumlah dan jenis atom penyusun suatu zat
B. perbedaan struktur (susunan) atom penyusun suatu zat
C. perbedaan jumlah neutron suatu zat
D. perbedaan ikatan atom penyusun suatu zat

24. Zat yang digunakan untuk menurunkan titik beku dan digunakan sebagai pendingin mesin kendaraan bermotor adalah ....

A. glikogen
B. etilen glikol
C. anti freeze protein
D. glukosa

25. Perhatikan Peralatan memasak berikut ini!
soal PTS Genap IPA kelas 9
Bahan berikut yang paling sesuai digunakan sebagai bahan pembuatan peralatan memasak adalah ....

A. besi
B. timah
C. tembaga
D. aluminium

LATIHAN LAGI SOAL LAINNYA

-- SOAL IPA MTS/SMP KLS 7 GENAP--
- KUIS SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN - KUIS INTERAKSI MAKHLUK HIDUP
- KUIS PENCEMARAN LINGKUNGAN - PTS IPA KLS 7 SMT GENAP - KUIS PEMANASAN GLOBAL - KUIS LAPISAN BUMI - KUIS TATA SURYA - PAS/UAS IPA KLS 7 SMT GENAP -- SOAL IPA MTS/SMP KLS 8 GENAP-- - KUIS BAB TEKANAN - KUIS PERNAFASAN MANUSIA - KUIS EKSKRESI MANUSIA - PTS IPA KLS 8 SMT GENAP - KUIS GETARAN - KUIS GELOMBANG - KUIS BUNYI - KUIS ALAT OPTIK - KUIS CAHAYA - PAS/UAS IPA KLS 8 SMT GENAP -- SOAL IPA MTS/SMP KLS 9 GENAP--
- KUIS KEMAGNETAN - KUIS BIOTEKNOLOGI - KUIS PARTIKEL PENYUSUN - PTS IPA KLS 9 SMT GENAP - KUIS TANAH DAN KEBERLANGSUNGAN HIDUP - KUIS TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN - PAS/UAS IPA KLS 9 SMT GENAP - UJIAN AKHIR IPA SMP/MTs
Semoga Latihan Soal ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!!
Install Aplikasinya di Android, Berikut Link Downloadnya: Rumah Belajar.APK
AJAK TEMAN-TEMAN BERMAIN KUIS, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 comments:

Posting Komentar