SOAL US - PRAKARYA Tingkat SMP/MTs

Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah Soal Latihan US - PRAKARYA Tingkat SMP/MTs. Yuk Gaes!!!.. Buktikan bahwa kamu HEBAT!!! SELAMAT MENGERJAKAN

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang kamu anggap benar!


1. Suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh merupakan pengertian dari ....

A. bahan Serat
B. serat tumbuhan
C. serat alam
D. produksi bahan serat

2. Perhatikan tabel di bawah ini

Dari tabel di atas yang merupakan klasifikasi dari serat tumbuhan terdapat pada nomor ....

A.1, 2, 3, 4
B.2, 3, 4, 5
C.1, 2, 4, 5
D. 1, 3, 4, 5

3. Unsur dekorasi yang dibuat dengan berbagai cara di antaranya, dilukis, diukir, dan dicetak merupakan unsur dari ....

A.kerajinan
B.ornamen
C.estetik
D.motif hias

4. Sentuhan/perlakuan yang diberikan pada permukaan busana yang memberikan efek visual dan memperindah penampilan. Misalnya tas kain katun yang dijahit, lalu diberi hiasan dengan sulam pita merupakan teknik ....

A. structural
B. estetis
C. visual
D. decorative

5. Batik yang berkembang di masyarakat yang tinggal di luar benteng keraton, sebagai akibat dari pengaruh budaya daerah di luar Pulau Jawa. Selain itu, adanya pengaruh budaya asing seperti Cina dan India, termasuk agama Hindu dan Budha, merupakan jenis batik ....

A.pedalaman
B.pekalongan
C.pesisir
D.dermayon

6. Perhatikan tabel berikut ini!

Pada keterangan tabel di atas yang merupakan prinsip-prinsip pengolahan limbah adalah ....

A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 1, 3, 4
D. 3, 4, 5

7. Perhatikan tabel berikut ini!

Apabila kita ingin membuat sebuah kerajinan dari limbah organik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan maka kita bisa memilih bahan-bahan tersebut pada nomor ....

A. 1, 2, 3, 5, 6, 8, 10
B. 2, 3, 4, 5, 7, 8, 9
C. 3, 4, 5, 6, 8, 9, 10
D. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

8. Lavenia Alesha ditugaskan untuk membuat undangan ulang tahun yang tidak hanya habis pakai buang tetapi masih dapat bernilai manfaat (desain berkelanjutan). Lavenia Alesha memilih menggunakan limbah lunak organik yang ada di lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil pengamatan dan survei lapangan maka Lavenia Alesha memilih untuk menggunakan limbah ....

A.besi
B.plastik
C.kulit pisang
D.kulit jagung

9. Jenis limbah yang sangat sulit atau bahkan tidak bisa untuk diuraikan atau tidak bisa membusuk dinamakan dengan limbah ....

A.pertanian
B.anorganik
C.pertambangan
D.organik

10. Bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulpi disebut ....

A. kertas
B.kayu
C.seng
D.daun


11. Kerajinan merupakan benda-benda yang mempunyai nilai guna praktis, bersifat universal, dibuat dengan keterampilan teknik tangan namun masih dipengaruhi oleh adat istiadat setempat. Prinsip tersebut merupakan ....

A.keterampilan tangan
B. keterampilan tradisional
C.keterampilan teknik
D.keterampilan modern

12. Bahan lunak alam adalah bahan lunak untuk karya kerajinan yang diperoleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan. Yang bukan contohnya adalah ....

A.tanah liat
B.Bubur tisu
C.Flour clay
D.parafin

13. Limbah yang berasal dari alam (tumbuhan dan hewan) bersifat keras, padat, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai dalam tanah disebut dengan limbah ....

A. domestik
B.organik
C. anorganik
D.buatan

14. Sebuah produk kerajinan akan kelihatan menarik apabila kita memberikan warna dengan cara disemprot atau di kuas dengan menggunakan cat. Pengolahan tersebut merupakan proses dari ....

A. pembersihan limbah
B. pengeringan
C. pewarnaan
D.pengeringan setelah pewarnaan

15. Muhsona Marwah dan temen-temannya mendapatkan tugas kelompok dari gurunya untuk membuat aksesoris seperti anting-anting, cincin, kalung, bros, dan gelang dari limbah keras. Untuk membuat kerajinan tersebut Muhsona Marwah dan teman-temanya harus menyiapkan bahan limbah keras dari ....

A.sisik ikan
B.cangkang kerang
C.pelepah pisang
D. tempurung kelapa

16. Kerajinan yang dibuat dengan tujuan merubah bentuk sebuah benda yang dominan terbuat dari satu jenis bahan kini dipadukan dengan bahan lainnya agar menjadi lebih menarik, baik tanpa menghilangkan fungsi aslinya ataupun mengganti fungsinya, merupakan pengertian dari ....

A.kerajinan buatan
B.kerajinan berbasis media campuran
C.kerajinan alam campuran
D.kerajinan bahan keras alam

17. Berikut ini beberapa bahan dasar dan bahan paduannya yang dapat dikatakan cocok atau padu, untuk dijadikan bahan campuran dalam produk kerajinan, kecuali ....

A.tanah
B.batu
C. logam
D.plastik

18. Dalam pembuatan keramik, tanah liat memiliki sifat plastis, sehingga mudah dibentuk. Setelah itu dibakar dalam tingkat pembakaran suhu 600 sampai dengan ....

A. 1000 oC
B. 1300 oC
C. 1500 oC
D. 2000 oC

19. Dalam pembuatan kerajinan keramik, tentunya di butuhkan alat-alat untuk membuat keramik tersebut, diantaranya adalah ....

A. butsir, rol, spon, alat pemotong, alat putar tangan, alat putar kaki, tungku pembakaran
B. butsir, rol, spon, tali pemotong, alat putar kaki, alat putar tangan, tungku pembakaran
C. butsir, rol, spon, alat pemotong, alat putar tangan, alat putar tangan, tungku pembakaran
D. butsir, rol, spon, tali pemotong, alat putar tangan, alat putar kaki, tungku pembakaran

20. Proses akhir dari pembuatan sebuah kerajinan adalah ....

A.kemasan
B.produk
C.finishing
D.pemasaran


21. Avokad (Avocado) memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan lemak nabati yang tinggi dan tak jenuh bermanfaat untuk menurunkan kolestrol LDL (kolestrol jahat) sehingga berguna untuk mencegah stroke, penyakit jantung, darah tinggi dan kanker. Adapun avokad memiliki kandungan vitamin ....

A.A dan E
B.A dan D
C. A dan C
D.A dan F

22. Mengolah bahan makanan yang terlebih dahulu ditumis bumbunya, dan direbus dengan cairan yang berbumbu dan cairan yang tidak terlalu banyak dengan api sedang, merupakan teknik ....

A. mengukus
B. menyetup
C. merebus
D. mengetim

23. Memasak bahan makanan dengan menggunakan dua buah panci yang berbeda ukuran, Salah satu panci berukuran lebih kecil. Cara ini memang memerlukan waktu yang lama, seperti membuat nasi tim dan cokelat ....

A.mengukus
B.menyetup
C.merebus
D.mengetim

24. Berikut ini adalah nama-nama buah segar yang bisa dijadikan sebagai minuman kesehatan, kecuali ....

A.manggis
B.jeruk
C.bernuk
D.avocado

25. Bagian vegetatif dari tumbuhan yang dapat dimakan, baik secara segar maupun melalui pengolahan dengan cara dimasak adalah ....

A. sayuran
B. buah
C. tanaman
D. umbi jalar

26. Suatu kegiatan mengubah bahan mentah menjadi bahan makanan siap dikonsumsi atau menjadi bahan setengah jadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang masa simpan bahan pangan merupakan pengertian ....

A.pengolahan bahan pangan
B.pengolahan buah-buahan
C.pengolahan bahan makanan setengah jadi
D.pengolahan bahan minuman

27. Ada enam macam zat gizi yang diperlukan manusia untuk memenuhi kebutuhan tubuh supaya dapat tumbuh dengan baik dan sehat, yaitu ....

A.karbohidrat, protein, lemak, vitamin, susu, dan air
B.karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air
C.susu, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan air
D.protein, lemak, vitamin, mineral, garam dan air

28. Cara mengolah bahan makanan yang terlebih dahulu ditumis bumbunya, dan direbus dengan cairan yang berbumbu dan cairan yang tidak terlalu banyak dengan api sedang, biasanya digunakan pada makanan ....

A.sayuran dan ikan
B.ikan, nasi dan daging
C.daging, ayam, dan ikan
D.daging dan sayur

29. Tiwul merupakan produk pangan setengah jadi dengan bentuk butiran besar terbuat dari ....

A.umbi
B.kentang
C.kedelai
D.gandum

30. Untuk mengolah bahan makanan dengan menggunakan bahan dasar cairan untuk mematangkannya disebut ....

A. boiling
B. poaching
C. moist heat
D. simmering


Perhatikan tabel berikut ini untuk nomor 31 dan 32.


31. Makanan berbentuk lempengan yang dibuat dengan cara pengeringan. Bumbu yang digunakan adalah garam dapur, gula merah, dan rempah-rempah. Terdapat pada nomor ....

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

32. Proses pembuatannya direbus lalu digiling dan ditambahkan garam kemudian difermentasi/diragikan, lalu dijemur agar kadar air menjadi rendah, kemudian digiling kembali hingga dapat dibentuk. Terdapat pada tabel nomor ....

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

33. Pengolahan pangan dari bahan setengah jadi dari hasil perikanan dan peternakan secara umum dapat menggunakan teknik-teknik dasar diantaranya adalah ....

A.penggilingan, pemanggangan, menggoreng
B. perebusan, pemanggangan, menggoreng
C.penggilingan, penyetiman, menggoreng
D.penggilingan, pemanggangan, pemanasan

34. Daging yang dipanggang sebaiknya daging yang memiliki tekstur daging yang lebih kencang. Ikan dipanggang dalam oven. Caranya, panggang ikan dalam oven dengan suhu 200°C selama sekitar 10 menit atau hingga kulit pelapisnya kuning keemasan, merupakan teknik dari ....

A.penggilingan
B.menggoreng
C.pemanggangan
D.perebusan

35. Jenis-jenis bahan baku yang digunakan untuk membuat makanan dari hasil samping perikanan dan peternakan, yaitu, kecuali ....

A.kepala ikan
B.kulit
C.ceker ayam
D.sirip ikan

36. Metode tertua untuk mengawetkan bahan pangan maupun non pangan adalah ....

A.penggorengan
B.pengeringan
C.pemanggangan
D.perebusan

37. proses pemasakan bahan baku dengan menggunakan media air panas adalah ....

A. penggorengan
B.pengeringan
C.pemanggangan
D.perebusan

38. Tempat sintesis vitamin D pada hasil samping perikanan dan peternakan terdapat pada ....

A. kulit
B.daging
C.kepala ikan
D.ceker ayam

39. Ceker ayam yang dimasak biasanya akan mengeluarkan cairan atau gel khusus yang banyak mengandung ....

A. vitamin
B. protein
C.gelatin
D. karbohidrat

40. Produk kornet bisa dibuat dari bahan baku ....

A. keju
B.daging
C.bakso ikan
D.cumi

LATIHAN LAGI SOAL LAINNYA

-- DAFTAR SOAL LATIHAN -- - SOAL US/UM : B. INDONESIA-1 SMP/MTs - SOAL US/UM : B. INDONESIA-2 SMP/MTs - SOAL US/UM : B. INDONESIA-3 SMP/MTs - SOAL US/UM : MATEMATIKA-1 SMP/MTs - SOAL US/UM : MATEMATIKA-2 SMP/MTs - SOAL US/UM : IPA-1 SMP/MTs - SOAL US/UM : IPA-2 SMP/MTs - SOAL US/UM : B. INGGRIS-1 SMP/MTs - SOAL US/UM : B. INGGRIS-2 SMP/MTs - SOAL US/UM : B. INGGRIS-3 SMP/MTs - SOAL US/UM : IPS-1 SMP/MTs - SOAL US/UM : IPS-2 SMP/MTs - SOAL US/UM : IPS-3 SMP/MTs - SOAL US/UM : PKN SMP/MTs - SOAL US/UM : SENI BUDAYA-1 SMP/MTs - SOAL US/UM : SENI BUDAYA-2 SMP/MTs - SOAL US/UM : PRAKARYA-1 SMP/MTs - SOAL US/UM : PRAKARYA-2 SMP/MTs - SOAL UM : AL-QUR’AN HADITS-1 KELAS 9 - SOAL UM : AL-QUR’AN HADITS-2 KELAS 9 - SOAL UM : AQIDAH AKHLAK-1 KELAS 9 - SOAL UM : AQIDAH AKHLAK-2 KELAS 9 - SOAL UM : SKI-1 KELAS 9 - SOAL UM : SKI-2 KELAS 9 - SOAL UM : FIQIH-1 KELAS 9 - SOAL UM : FIQIH-2 KELAS 9 - SOAL UM : BAHASA ARAB- 1 KELAS 9 - SOAL UM : BAHASA ARAB- 2 KELAS 9 - SOAL US : LAINNYA MASIH PROSES... - SIMULASI UJIAN SEKOLAH - PAS/UAS IPA KLS 7 SMT GANJIL - PAS/UAS IPA KLS 8 SMT GANJIL - PAS/UAS IPA KLS 9 SMT GANJIL - UAS PRAKARYA KLS 7 SMT 1 - PAS-UAS PRAKARYA 8 GANJIL - UAS MATEMATIKA KLS.7 SMT 1 - UAS IPS KLS.7 SMT 1 - UAS MATEMATIKA KLS.8 SMT 1 - UAS MATEMATIKA KLS.9 SMT 1 Semoga Latihan Soal US - PRAKARYA Tingkat SMP/MTs ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!!
Install Aplikasinya di Android, Berikut Link Downloadnya: Rumah Belajar.APK
AJAK TEMAN-TEMAN BELAJAR, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 comments:

Posting Komentar