Tes Kompetensi Pedagogik 1

Mengerjakan latihan soal adalah salah satu kegiatan yang dapat memperkuat pengetahuan kita terhadap suatu materi. Bentuk Soal dan Jawaban dalam Simulasi Tes ini dibuat acak sehingga dapat memperkuat pemahaman.
  • Nomor 1 dari 25 soal Pedagogik

    Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan

  • Nomor 2 dari 25 soal Pedagogik

    Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar....

  • Nomor 3 dari 25 soal Pedagogik

    Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:....

  • Nomor 4 dari 25 soal Pedagogik

    Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:

  • Nomor 5 dari 25 soal Pedagogik

    Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah

  • Nomor 6 dari 25 soal Pedagogik

    Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
    Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor....

  • Nomor 7 dari 25 soal Pedagogik

    Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan....

  • Nomor 8 dari 25 soal Pedagogik

    Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah....

  • Nomor 9 dari 25 soal Pedagogik

    Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....

  • Nomor 10 dari 25 soal Pedagogik

    Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....

  • Nomor 11 dari 25 soal Pedagogik

    Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia....

  • Nomor 12 dari 25 soal Pedagogik

    Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan....

  • Nomor 13 dari 25 soal Pedagogik

    Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:

  • Nomor 14 dari 25 soal Pedagogik

    Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah

  • Nomor 15 dari 25 soal Pedagogik

    Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar

  • Nomor 16 dari 25 soal Pedagogik

    Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....

  • Nomor 17 dari 25 soal Pedagogik

    Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah....

  • Nomor 18 dari 25 soal Pedagogik

    Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
    Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral....

  • Nomor 19 dari 25 soal Pedagogik

    Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal....

  • Nomor 20 dari 25 soal Pedagogik

    Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal....

  • Nomor 21 dari 25 soal Pedagogik

    Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut
    1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
    2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
    3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
    Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....

  • Nomor 22 dari 25 soal Pedagogik

    Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah....

  • Nomor 23 dari 25 soal Pedagogik

    Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
    Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan....

  • Nomor 24 dari 25 soal Pedagogik

    Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan....

  • Nomor 25 dari 25 soal Pedagogik

    Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:


LATIHAN LAGI SOAL LAINNYA

Simulasi Tes Online ini dibuat agar bagaimana seseorang dapat memahami karakteristik model Ujian yang sesuai. Untuk memperkuat daya ingat, maka tampilan SOAL dan JAWABAN diacak, yaitu nomer Urut Soal dan Susunan Pilihan Jawaban selalu berubah-ubah sehingga membutuhkan pemahaman dan ingatan yang kuat untuk mengulangi Simulai Tes ini. Nah, Berikut ini adalah beberapa soal yang bisa dijadikan untuk latihan:

- TES KOMPETENSI PEDAGOGIK-1 - TES KOMPETENSI PEDAGOGIK-2 - TES KOMPETENSI PEDAGOGIK-3 - TES KOMPETENSI PEDAGOGIK-4 - TES PENALARAN SILOGISME - TES PENALARAN ANALITIK - TES WAWASAN KEBANGSAAN - SIMULASI TES SKD SINONIM - TES SKD ANTONIM-LAWAN KATA - SIMULASI TES MANAGERIAL 1 - SIMULASI TES MANAGERIAL 2 - SIMULASI TES MANAGERIAL 3 - SIMULASI TES SOSIOKULTURAL - SIMULASI TES MANAGERIAL - SIMULASI TES INTEGRITAS - SOAL AKG PEDAGOGIK-1 - SOAL AKG PEDAGOGIK-2 - SOAL AKG PEDAGOGIK-3 - Dan Lain-lain....
Semoga Simulasi tes seleksi PPPK-CPNS ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!! Rumah Belajar Elpedia

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 comments:

Posting Komentar