Soal AKG Pedagogik Umum

Mengerjakan latihan soal adalah salah satu kegiatan yang dapat memperkuat pengetahuan kita terhadap suatu materi. Semakin sering kita melakukan latihan soal, maka semakin kuat pemahaman kita terhadap materi. berikut latihan soal yang dapat dikerjakan!
Latihan Soal AKG Pedagogik Bag. 3
Petunjuk: Pilihlah Jawaban yang kamu anggap benar!

Javasript tidak mendukung atau tidak aktif di browser anda. Mohon agar mengaktifkan javascript anda.


1. Seorang guru mengajak siswa melakukan kunjuangan ke suatu lembaga, namun sesampai dilembaga tersebut belum ada petugas dan nara sumber yang melayani. Untuk mengisi kekosongan waktu guru tersebut memulai pembelajaran dengan memilih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, pertimbangan guru memilih strategi tersebut yaitu....
Waktu belajar cukup banyak
Sumber belajar hanya dimiliki pendidik
Sedikitnya jumlah guru
Ruang kelas yang terbatas
2. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ....

1-2-3-4-5-6
1-2-4-3-5-6
1-3-2-4-5-6
1-3-2-5-6-4
3. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....

1-2-3-4
1-3-2-4
2-3-1-4
3-2-1-4
4. Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada langkahlangkah yang telah ditetapkan guru, yaitu mengamati fenomena sosial disekeliling sekolah dan hasil pengamatan ditulis, disusun menjadi laporkan serta didiskusikan bersama guru dan teman sekelas, pilihan strategi yang digunakan…
Discovery
Heuristik
Pemecahan Masalah
Belajar Aktif
5. Seorang guru ingin membelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. Maka urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah…
Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientas
Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok
Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis
6. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor…
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
7. Seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). Berikut merupakan fungsi KKM/KBM, kecuali....
Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif
Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah
8. Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap prilaku siswa, maka Instrumen yang diguanakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah….
Pedoman observasi
Kuesioner
Tes tulis
Pedoman wawancara
9. Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari....
Buku sumber yang digunakan
Kurikulum dan silabus
Karateristik siswa
Indikator pencapaian kompetensi
10. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut…
Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
Diberi soal serupak untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar
11. Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk…
Penilaian proyek
Peniaian kinerja
Peniaian portofolio
Penilaian antar teman
12. Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar yaitu….
Proses Pengajaran Remedial Pada Dasarnya Adalah Proses Belajar Mengajar Biasa
Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Test Diagnostik
Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan Kecerdasan Siswa
Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Test Ulang
13. Jika seorang guru ingin melakukan kegiatan remedi maka salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu tampak dalam kegiatan berikut…
Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
Menurunkan standar ketuntasan belajar
Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
14. Jika seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio pada proses pembelajaran, maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah
Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
15. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remedial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara....
Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
Diberikan bahan ajar berupa modul
Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
Melanjutkan materi pada KD selanjutnya



Atau

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp
Tags :

0 komentar:

Posting Komentar