Soal AKG IPA MTs

Mengerjakan latihan soal adalah salah satu kegiatan yang dapat memperkuat pengetahuan kita terhadap suatu materi. Semakin sering kita melakukan latihan soal, maka semakin kuat pemahaman kita terhadap materi. berikut latihan soal yang dapat dikerjakan!
Latihan Soal AKG IPA MTs
Petunjuk: Pilihlah Jawaban yang kamu anggap benar!

Javasript tidak mendukung atau tidak aktif di browser anda. Mohon agar mengaktifkan javascript anda.


1. Terdapat Kompetensi Dasar (KD): menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut. Manakah di antara pilihan berikut ini merupakan yang pernyataan benar tentang teknologi dan struktur tumbuhan yang mengilhaminya?
Velcro atau perekat terinspirasi oleh getah batang
Kota mengambang Lilypad Ecopolis terinsipirasi dari struktur daun teratai
Pembangkit Listrik Tenaga Surya Abengoa terinspirasi dari struktur bunga ros
Charger tenaga surya Electree terinspirasi dari osmosis daun
2. Terdapat KD: Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku) Dalam kehidupan sehari-hari banyak cara untuk mengukur panjang suatu benda, seperti menggunakan ukuran langkah, depa, dan meter. Di antara pilihan berikut yang merupakan indikator pencapaian kompetensi berpikir tingkat tinggi adalah....
menganalisis kesalahan yang mungkin terjadi dari hasil pengukuran panjang
menjelaskan perbedaan ketepatan mengukur panjang suatu benda dengan alat ukur standar dan alat ukur tidak standar
menjelaskan pentingnya menggunakan alat ukur standar dalam pengukuran
menjabarkan cara menggunakan penggaris untuk mengukur panjang benda
3. Pak Rudi dan Bu Nani mengajar IPA di MTS / SMP Harapan Bangsa yang merupakan sekolah Adiwiyata. Sebagai sekolah yang termasuk kategori berwawasan dan berpeduli lingkungan hidup, di MTS / SMP tersebut terdapat kebun sekolah yang hijau, koleksi tanaman obat,wastafel tempat cuci tangan di depan setiap kelas, bak sampah,biopori untuk resapan air, serta ada rumah kaca berisi berbagai tanaman. Pak Rudi akan mengajar IPA siswa kelas IX untuk membuat produk daur ulang limbah yang bermanfaat bagi kehidupan. Agar metode Project-based Learning yang Pak Rudi terapkan berhasil dengan baik, maka langkah pertama yang harus dilakukan Pak Rudi adalah....
menugaskan siswa mengidentifikasi beragam limbah di sekolah
menugaskan siswa memfokuskan pada limbah kertas atau plastic
menetapkan jenis produk daur ulang yang akan dibuat
membuat jadwal alokasi waktu pembuatan produk
4. Pembelajaran pada materi "gaya" dengan kompetensi dasar menyajikan hasil penyelidikan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda, memiliki tujuan: Siswa dapat menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda dengan prosedur yang benar. Manakah di antara strategi-strategi berikut yang paling tepat untuk mencapai tujuan tersebut?
Menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda yang dilengkapi dengan contoh, kemudian siswa diminta mengerjakan soal-soal latihan secara berkelompok
Meminta siswa berdiskusi secara berkelompok untuk menjawab soal-soal tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda, kemudian hasil diskusi dipresentasikan
Secara berkelompok siswa belajar mengatasi masalah-masalah pengaruh gaya terhadap gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
Siswa melakukan kegiatan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda, diskusi hasil penyelidikan,dan penyajian hasil diskusi atau presentasi
5. Pak Amir sedang merancang pembelajaran pada KD. Menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda. Kegiatan pembelajaran direncanakan menggunakan pendekatan saintifik dan metode eksperimen, berikut ini yang paling tepat sebagai apersepsi adalah....
siswa diminta untuk membaca bahan ajar materi tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda pada berbagai literatur
menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda di depan kelas termasuk materi pembelajaran agar siswa menjadi tahu materi sebelum melakukan kegiatan eksperimen
mengorientasikan siswa tentang gaya dalam kehidupan seharihari, kemudian melakukan tanya jawab atau curah pendapat tentang pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari yang relevan
menjelaskan prosedur eksperimen untuk menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda di sekitar
6. Bu Hany melakukan pembelajaran materi IPA dengan KD: menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar, yang melibatkan pengukuran massa benda dengan menggunakan neraca OHAUS 310. Model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran langsung (direct instruction) yang melatih siswa mengukur massa tahap demi tahap. Pada tahap pertama, Bu Hany mengklarifikasi tujuan dan memotivasi siswa serta menjelaskan kegiatan belajar siswa. Bu Hany juga menjelaskan pengetahuan deklaratif tentang komponen-komponen neraca dan fungsinya masing-masing termasuk bagaimana menggunakannya. Diantara kegiatan berikut yang merupakan tahap 2 yang seharusnya dilakukan oleh Bu Hany adalah....
menjelaskan materi pengukuran termasuk di dalamnya pengukuran besaran pokok massa dengan neraca OHAUS 310
mendemonstrasikan tahap-tahap pengukuran massa dengan menggunakan neraca OHAUS 310 tahap demi tahap
memberikan latihan soal terkait pengukuran massa dengan neraca OHAUS 310 kepada siswa untuk dikerjakan secara berkelompok
meminta siswa berdiskusi tentang pengukuran pengukuran massa dengan neraca OHAUS 310, kemudian siswa diminta merumuskan langkah penggunaannya, dan mempraktikannya
7. Dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi suhu dan kalor, Bu Rani meminta siswa untuk melakukan pengamatan terhadap fenomena perpindahan kalor, yaitu dengan menunjukkan data pengaruh massa terhadap kalor yang diterima oleh benda. Setelah siswa merumuskan masalah dan jawaban sementara, siswa diminta untuk melakukan eksperimen untuk mendapatkan jawaban terhadap masalah yang sudah dirumuskan. Berikut ini prosedur yang paling tepat untuk memfasilitasi siswa melakukan eksperimen adalah....
menjelaskan petunjuk eksperimen dan alat-bahan yang dibutuhkan selama eksperimen
meminta siswa merancang eksperimen menggunakan bahan bacaan, kemudian Bu Rani mengecek dan membimbing siswa
Bu Rani melakukan demonstrasi bagaimana melakukan eksperimen dan meminta siswa untuk melakukan kegiatan seperti yang didemonstrasikan
menjelaskan contoh-contoh hasil eksperimen yang sudah dilakukan orang lain
8. Pak Rudi mengajar IPA di MTS / SMP Harapan Bangsa. Di MTS / SMP tersebut terdapat kebun sekolah yang hijau, koleksi tanaman obat, wastafel tempat cuci tangan di depan setiap kelas, bak sampah, biopori untuk resapan air, serta ada rumah kaca tempat para siswa mengembangbiakan tanaman. Pak Rudi akan mengajar IPA siswa kelas VII tentang upaya mengatasi sampah dalam kehidupan dengan Problem Based Learning. Pak Rudi berhasil dengan baik, maka langkah pertama yang harus dilakukan Pak Rudi adalah ....
menugaskan siswa mengidentifikasi beragam limbah di bak sampah sekolah
menugaskan siswa memfokuskan pada limbah kertas atau plastik di bak sampah sekolah
menetapkan jenis produk daur ulang yang akan dibuat
membuat jadwal alokasi waktu pembuatan produk
9. Bu Nina melakukan pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat melakukan pengukuran kuat arus listrik pada rangkaian. Bu Nina memulai dengan mengkondisikan siswa untuk belajar, memotivasi, dan menyampaikan tujuan. Kemudian Bu Nina mendemonstrasikan cara mengukur kuat arus listrik pada suatu rangkaian. Langkah Bu Nina selanjutnya yang paling tepat adalah....
bertanya jawab tentang cara mengukur kuat arus listrik
meminta siswa untuk menerapkan cara mengukur arus listrik pada berbagai rangkaian listrik
meminta siswa untuk menirukan pengukuran arus listrik seperti demonstrasi Bu Nina
bertanya-jawab tentang pengertian arus listrik, kuat arus listrik, dan cara pengukurannya
10. Pak Amir sedang merancang pembelajaran pada KD. Menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda. Kegiatan pembelajaran direncanakan menggunakan pendekatan saintifik dan metode eksperimen, berikut ini yang paling tepat sebagai apersepsi adalah....
Siswa diminta untuk membaca bahan ajar materi tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda pada berbagai literatur
Menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda di depan kelas termasuk materi pembelajaran agar siswa menjadi tahu materi sebelum melakukan kegiatan eksperimen
Mengorientasikan siswa pada hasil-hasil kerja gaya dalam kehidupan sehari-hari, kemudian melakukan tanya jawab atau curah pendapat tentang pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari yang relevan dengan pengaruh gaya terhadap gerak benda
Menjelaskan prosedur eksperimen untuk menyelidiki pengaruh gaya terhadap gerak benda di sekitar



Atau
Mengerjakan latihan soal adalah salah satu kegiatan yang dapat memperkuat pengetahuan kita terhadap suatu materi. Bentuk Soal dan Jawaban dalam Simulasi Tes ini dibuat acak sehingga dapat memperkuat pemahaman. Nah, Berikut ini adalah beberapa soal simulasi rumah belajar elpedia yang bisa dijadikan untuk latihan:
-- DAFTAR SIMULASI TES -- - SOAL PENAFASAN HEWAN KLS 5 SD - UAS MATEMATIKA KLS.7 SMT 1 - UAS IPS KLS.7 SMT 1 - UAS MATEMATIKA KLS.8 SMT 1 - UAS MATEMATIKA KLS.9 SMT 1 - UAS IPA KLS 7 SMT 1 - UAS PRAKARYA KLS 7 SMT 1 - UAS IPA KLS 8 SMT 1 - UAS PRAKARYA KLS 8 SMT 1 - UAS IPA KLS 9 SMT 1 - SOAL PENCERNAAN MANUSIA-1 - SOAL PENCERNAAN MANUSIA-2 - SOAL AKM IPA MTS - SIMULASI TES Dan Lain-lain....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 comments:

Posting Komentar