Hai sobat elpedia, khususnya yang sudah kelas 6 SD. Ujian Sekolah kabarnya masih asa lho, apakah nantinya dalam bentuk assesmen kompetensi minimal (AKM) ataukah dalam bentuk UJIAN SEKOLAH DAERAH (USD). Ayo siapkan diri sobat!
Belajar dengan menggunakan kisi-kisi akan mempermudah sobat menguasai soal sesuai dengan tipe soal UN. Berikut ini rumah belajar elpedia sampaikan beberapa kisi-kisi Ujian Sekolah SD tahun 2020/2021.
KISI-KISI IPA DAN INDIKATOR SOAL IPA
2020/2021
NO |
LINGKUP MATERI |
MATERI YANG DIUJI |
INDIKATOR |
BENTUK SOAL |
NO SOAL |
A |
MAKHLUK HIDUP & LINGKUNGANNYA |
|
|
||
1. |
Hubungan antar makhlukhidup dengan lingkungannya |
Rantai Makanan |
Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu |
PG |
1 |
Menjelaskan contoh hubungan
erat/khas antar makhluk hidup yang membentuk simbiosis tertentu |
PG |
2 |
|||
2. |
Penyesuaian diri makhluk hidup |
Adaptasi MH |
Mengidentifikasi cara hewan/tumbuhan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya
berdasarkan ilustrasi |
PG |
3 |
Mengelompokkan hewan/tumbuhan tertentu berdasarkan cara menyesuaikan diri terhadap
lingkunganya |
PG |
4 |
|||
3. |
Pelestarian lingkungan |
Tujuan pelestarian hewan/tumbuhan |
Menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan tertentu |
PG |
5 |
5. |
Upaya manusia dalam menjaga keseimbangan/
pelestarian lingkungan |
Menjaga keseimbangan/ pelestarian lingkungan |
Menjelaskan upaya yang tepat untuk menjaga keseimbangan lingkungan
berdasarkan kasus tentang kondisi lingkungan di daerah tertentu |
PG |
6 |
B |
STRUKTUR DAN FUNGSI MAKHLUK HIDUP |
|
|
||
6 |
Fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan |
Fungsi bagian tubuh hewan/tumbuhan |
Menjelaskan fungsi bagian tubuh hewan/tumbuhan berdasarkan gambar |
PG |
7 |
7 |
Daur hidup hewan |
Daur hidup hewan |
Mengidentikasi tahapan daur hidup hewan tertentu |
PG |
8 |
8 |
Alat gerak dan fungsinya |
Jenis-jenis sendi |
Menentukan jenis/arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar |
PG |
9 |
9 |
Mekanisme sistem gerak |
Mekanisme sistem gerak |
Disajikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan mekanisme sistem gerak pada anggota
gerak aktif/pasif |
PG |
10 |
10 |
Sistem pernapasan pada manusia/hewan |
Sistem pernapasan pada manusia/hewan |
Disajikan gambar, peserta didik dapat
menyebutkan alat pernapasan pada hewan |
PG |
11 |
11 |
Sistem pencernaan pada manusia |
Sistem pencernaan pada manusia |
Menjelaskan proses pencernaan yang terjadi pada bagian-bagian tertentu
dari organ pencernaan manusia yang disajikan pada gambar |
PG |
12 |
12 |
Sistem peredaran darah pada manusia |
Sistem peredaran darah pada manusia |
Disajikan gambar sistem peredaran darah, peserta
didik dapat menentukan aliran darah pada pada sistem tersebut |
PG |
13 |
13 |
Mekanisme sistem organ (pernapasan,
pencernaan, peredaran darah) |
Mekanisme sistem organ |
Menjelaskan mekanisme sistem peredaran darah manusia berdasarkan skema |
PG |
14 |
Disajikan gambar sistem organ pernapasan/peredaran
darah/pencernaan makanan, peserta didik dapat menganalisis proses yang terjadi pada bagian organ tertentu |
PG |
15 |
|||
14 |
Hubungan antara sistem organ dan proses yang
ditimbulkan |
Kelaianan pada organ |
Disajikan kondisi pada organ
tertentu, peserta didik dapat memprediksi proses/dampak yang terjadi |
PG |
16 |
15 |
Percobaan pada sistem organ |
Percobaan pada sistem organ |
Disajikan gambar percobaan/model tentang sistem pernapasan/pencernaan/
peredaran darah peserta didik dapat memprediksi apa yang akan terjadi bila
diberikan sebuah perlakuan dalam percobaan tersebut |
PG |
17 |
16 |
Pemeliharaan kesehatan
organ |
Pemeliharaan kesehatan
organ |
Siswa dapat menjelaskan upaya yang tepat dalam memelihara kesehatan
organ pada manusia |
PG |
18 |
17 |
Perkembangbiakan hewan/tumbuhan |
Perkembangbiakan hewan/tumbuhan |
Menunjukan pasangan yang benar antara hewan/tumbuhan dengan cara
perkembangbiakanya |
PG |
19 |
18 |
Perkembangan dan pertumbuhan manusia |
Ciri-ciri perkembangan manusia |
Mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan manusia pada tahapan tertentu |
PG |
20 |
C |
BENDA DAN SIFATNYA |
|
|
||
19 |
Sifat benda |
Sifat benda |
Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifat yang
dimilikinya |
PG |
21 |
20 |
Pemanfaatan benda berdasarkan sifatnya |
Pemanfaatan benda |
Menyimpulkan pemanfaatan benda berdasarkan hasil percobaan
tentang sifat-sifat benda |
PG |
22 |
|
|
|
Menyimpulkan hasil percobaan yang berhubungan
dengan perubahan wujud benda |
PG |
23 |
22 |
Pemanfaatan perubahan wujud benda |
Perubahan wujud benda |
Menjelaskan manfaat perubahan wujud yang terjadi pada peristiwa dalam
kehidupan sehari-hari |
PG |
24 |
23 |
Sifat bahan dan bahan penyusunnya |
Sifat bahan dan bahan
penyusunnya |
Menentukan sifat bahan penyusun benda berdasarkan ilustrasi/gambar |
PG |
25 |
25 |
Suhu dan kalor |
Perpindahan panas |
Menentukan cara perpindahan panas dari api/sumber panas ke suatu obyek
yang berada disekitar api/sumber panas tersebut berdasarkan gambar atau
ilustrasi kegiatan manusia |
PG |
26 |
Menarik kesimpulan berdasarkan data yang tercatat dalam tabel hasil
percobaan tentang bahan-bahan penghatar panas |
PG |
27 |
|||
D |
ENERGI DAN PERUBAHANNYA |
|
|
||
26 |
Jenis-jenis gaya |
Jenis-jenis gaya |
Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar |
PG |
28 |
27 |
Pengaruh gaya terhadap gerak, arah, dan bentuk
benda |
Pengaruh gaya terhadap benda |
Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak,
arah, atau bentuk benda |
PG |
29 |
28 |
Hubungan gaya dengan gerak |
Hubungan gaya dengan gerak |
Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak berdasar sebuah percobaan
atau serangkaian peristiwa |
PG |
30 |
29 |
Bentuk energi dan perubahannya |
Energi dan perubahannya |
Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan
gambar |
PG |
31 |
30 |
Energi alternatif |
Pemanfaatan energi alternatif |
Menentukan sumber energi alternatif yang dimanfaatkan di masayarakat sesuai ilustrasi/gambar |
PG |
32 |
31 |
Energi alternatif dan cara penggunaannya |
Energi alternatif dan cara penggunaannya |
Menjelaskan cara penggunaan energi alternatif berdasarkan ilustrasi |
PG |
33 |
32 |
Sifat-sifat magnet |
Sifat-sifat magnet |
Menentukan sifat-sifat magnet sesuai gambar yang berkaitan dengan
magnet |
PG |
34 |
33 |
Bunyi |
Bunyi |
Menjelaskan cara menghasilkan bunyi rendah atau tinggi dari sebuah alat
musik |
PG |
35 |
Disajikan gambar percobaan /ilustrasi tentang sifat bunyi, peserta didik dapat menganalisis proses yang terjadi |
PG |
36 |
|||
34 |
Cahaya |
Sifat-sifat cahaya |
Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan ilustrasi suatu
kegiatan/gambar |
PG |
37 |
Disajikan gambar/ percobaan tentang sifat-sifat
cahaya, peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan |
PG |
38 |
|||
35 |
Perubahan energi listrik dan penghematan energi
listrik |
Perubahan energi listrik dan penghematan energi
listrik |
Menjelaskan perubahan bentuk energi listrik pada
peralatan rumah tangga |
PG |
39 |
36 |
Listrik dan magnet |
Rangkaian listrik dan megnet |
Menjelaskan keadaan lampu pada sebuah rangkaian listrik jika saklar
dalam kondisi tertentu |
PG |
40 |
Disajikan gambar percobaan tentang perbuatan magnet peserta didik dapat
dapat menganalisis proses terjadinya magnet yang dibuat dari besi/paku dalam
percobaan yang ditunjukan gambar |
PG |
41 |
|||
E |
BUMI DAN ALAM SEMESTA |
|
|
||
37 |
Sumber daya alam |
Sumber daya alam |
Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak
dapat diperbaharui |
PG |
42 |
38 |
Mencegah kerusakan lingkungan |
Mencegah kerusakan lingkungan |
Menjelaskan cara mencegah kerusakan lingkungan alam berdasarkan kasus yang terjadi |
PG |
43 |
40 |
Siklus air |
Siklus air |
Menentukan tahapan siklus air berdasarkan gambar |
PG |
44 |
41 |
Siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup |
Siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi
serta kelangsungan mahluk hidup |
Memprediksi dampak negatif akibat rusaknya (terganggunya) daur air pada
tahapan tertentu yang ditunjukan oleh gambar, bagi kelangsungan hidup |
PG |
45 |
42 |
Sistem tata surya |
Tata surya |
Menentukan planet dalam tata surya berdasarkan ciri-ciri/gambar sistem
tata surya |
PG |
46 |
43 |
Rotasi dan revolusi bumi dan bulan |
Rotasi dan revolusi bumi dan bulan |
Menjelaskan pemanfaatan peristiwa akibat rotasi/revolusi bumi bagi kehidupan manusia |
PG |
47 |
Menganalisis akibat yang
ditimbulkan dari rotasi/revolusi bumi/bulan |
PG |
48 |
|||
44 |
Gerhana bulan dan gerhana matahari |
Gerhana bulan dan gerhana matahari |
Menentukan gambar yang benar dalam posisi matahari, bumi dan bulan pada
saat terjadinya gerhana matahari/bulan |
PG |
49 |
Menjelaskan proses terjadinya gerhana
matahari, bumi dan bulan |
PG |
50 |
Kisi-kisi Matematika Ujian Sekolah 2020/2021
Kisi-kisi Bahasa Indonesia Ujian Sekolah 2020/2021
Nah, itulah Sobat elpedia, Semoga dengan kisi-kisi UN tersebut bisa mempermudah sobat elpedia dalam mempelajari materi yang diujikan dalan UN nantinya.
Yuk kita Latihan soal-soal dalam bentuk KUIS
Jika berkenan mohon sobat memberi ulasan tetang postingan ini di kolom komentar. terima kasih.
0 comments:
Posting Komentar