A. Persamaan
perlu sobat elpedia ketahui bahwa persamaan terbagi menjadi: persamaan linier (1 variabel, 2 variabel, 3 variabel) dan persamaan kuadrat.
1. Persamaan Linier 1 Variabel
bentuk umum sebagai berikut :
ax + b = c
di mana:
a, b = konstanta
x = variabel (peubah)
sobat elpedia perlu ketahui variabel x dapat dicari dengan cara sebagai berikut:
ax + b = c => ax = c - b
2. Persamaan Linier 2 Variabel
Bentuk umumnya sebagai berikut :
ax + by = c
dimana:
a, b, c = konstanta
x, y = variabel
3. Persamaan Linier 3 Variabel
bentuk umum dari persamaan linier 3 variabel :
ax + by + cz = d
dimana:
a, b, c, d = konstanta
x, y, z = variabel
Sobat elpedia, untuk menyelesaikan persamaan linier 3 variabel dibutuhkan minimal 3 buah persamaan. variabel x, y, dan z dapat di cari dengan menggunakan cara Eliminasai dan Subtitusi.
4. Persamaan Kuadrat
bentuk umumnya :
ax2 + bx + c = 0
dimana:
a, b, c = bilangan riil
a ≠ 0
x 1, x 2 = akar-akar Persamaan Kuadrat
= pembuat nol
= penyelesaian Persamaan Kuadrat
Perlu diketahui, ada 3 cara untuk mencari akar-akar persamaan kuadrat:
- Cara faktorisasi
- Cara melengkapkan bentuk kuadrat
- Rumus ABC
B. Pertidaksamaan
perlu sobat elpedia ketahui bahwa pertidaksamaan adalah kalimat matematika terbuka yang mengandung simbol: > , < , ≤ atau ≥
sifat-sifat pertidaksamaan
jika a>b, maka dapat kita ambil sifat:
- a + c > b + c
- a - c > b - c
- a x c > b x c ==> untuk c = positif
- a x c < b x c ==> untuk c = negatif
- a : c > b : c ==> untuk c = positif
- a : c < b : c ==> untuk c = negatif
a. Pertidaksamaan Linier
bentuk umumnya:
ax + b > c
langkah-langkah untuk menyelesaikannya:
pindahkan b ke ruas kanan
kurangkan c dengan b
kedua ruas di bagi dengan a
b. Pertidaksamaan kuadrat
bentuk umumnya:
ax2 + bx + c > 0
ax2 + bx + c < 0
langkah-langkah untuk menyelesaikannnya:
cari akar-akar persamaan kuadrat
diperoleh x1 dan x2 (misalnya : x1 < x2 )
jika tanda pertidaksamaan ">"
maka : x < x1 atau x > x2
jika tanda pertidaksamaan " < "
maka : x1 < x < x2
maka : x < x1 atau x > x2
jika tanda pertidaksamaan " < "
maka : x1 < x < x2
0 comments:
Posting Komentar