SOAL PTS BIOLOGI SMA KELAS 10 GANJIL

Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah Latihan mengerjakan SOAL PTS BIOLOGI SMA KELAS 10 GANJIL. Yuk Gaes!!!.. Buktikan bahwa kamu HEBAT!!!
SELAMAT MENGERJAKAN

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang kamu anggap benar!


SOAL 1

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari ...

A. kehidupan dari tingkat molekul hingga tingkat bioma
B. kehidupan hewan dan manusia
C. kehidupan pada tingkat individu saja
D. organisme abiotik
E. molekul sel, individu, dan populasi



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU.


SOAL 2

Cabang biologi yang mempelajari hewan dan tumbuhan adalah ....

A. Zoologi dan Anatomi
B. Zoologi dan Botani
C. Botani dan Zoologi
D. Anatomi dan Fisiologi
E. Sitologi dan Ekologi



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 3

Perhatikan gambar dibawah ini!

Keanekaragaman pada keenam hewan pada gambar, terjadi pada tingkatan ....

A. Gen
B. Spesies
C. Jenis
D. Genus
E. Famili



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 4

Yang termasuk ke dalam fauna asia bagian barat Indonesia adalah ....

A.Cendrawasih, Koala,dan Harimau
B.Cendrawasih, Koala,dan Harimau
C.Singa, Komodo, dan Cendrawasih
D.Badak, Komodo, dan Koala
E.Gajah, Badak, dan Harimau



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 5

Peran Biologi dalam bidang pertanian adalah ....

A.Antibiotik
B.Transplantasi organ
C.Kultur Jaringan
D.Bayi Tabung
E.Inseminasi Buatan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 6

Garis yang memisahkan wilayah penyebaran fauna Indonesia bagian barat serta letak diantara Kalimantan dengan Sulawesi dan Bali dengan Lombok adalah ....

A. Wallace
B. Webber
C. Lintang
D. Khatulistiwa
E. Zolingger



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 7

Suatu kawasan memiliki jenis satwa yang unik dan sangat memerlukan perlindungan agar kelestariannya tetap terjaga. Upaya yang tepat untuk pelestarian adalah dengan menetapkan menjadi ....

A.Taman Nasional
B.Suaka Marga Satwa
C.Cagar Alam
D.Kebun Raya
E.Kebun Binatang



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 8

Kambing, Sapi, dan Kerbau dapat dikelompokkan kedalam satu kelompok yang sama berdasarkan ....

A.Habitat
B.Jumlah kuku
C.Jenis makanan
D.Jenis penutup tubuh
E.Sistem rangka tubuh



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 9

Felis domesticus, merupakan nama ilmiah dari hewan ....

A.Harimau
B.Singa
C.Chitah
D.Kucing
E.Anjing



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 10

Kegiatan manusia yang dapat merusak keanekaragaman hayati adalah ....

A.Pembuatan taman kota
B.Penangkaran Penyu
C.Pembuatan Biopori
D.Pembalakan liar
E.Konservasi hutan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 11

Virus memiliki materi genetik yang berupa ....

A.DNA
B.RNA
C.DNA atau RNA
D.Kromosom
E.Gen



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 12

Materi genetik pada virus terdapat pada bagian ....

A.Kepala virus
B.Ekor virus
C.Kapsid
D.Selubung
E.Selubung



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 13

Selubung yang berupa protein dan memberikan bentuk pada virus disebut ....

A. Kapsid
B. Virion
C. Virion
D. Kapsomer
E. Ekor



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 14

Pada siklus/daur litik, terdapat enzim yang berfungsi untuk menghancurkan dinsing sel bakteri disebut ....

A.Enzim Lisozim
B.Enzim Isozim
C.Enzim ligase
D.Enzim Amilase
E.Enzim Apoenzim



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 15

Bagian ekor pada tubuh virus berfungsi untuk ....

A.Membungkus materi geneik berupa DNA atau RNA
B.Alat penginfeksi sel inang
C.Memberikan bentuk tubuh virus
D.Pelindung protein
E.Merusak dinding sel



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 16

Perhatikan gambar bawah ini!

Proses siklus lisogenik secara berurutan, pada gambar diatas, adalah ....

A.Penetrasi - Replikasi - Adsorpsi - Perakitan - Membelah
B.Adsorpsi - Penetrasi - Replikasi - Perakitan - Membelah
C.Adsorpsi - Perakitan - Penetrasi - Membelah - Replikasi
D.Replikasi - Perakitan - Penetrasi -Adsorpsi - Membelah
E.Penetrasi -Adsorpsi - Perakitan - Replikasi - Membelah



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 17

Ciri khas virus yang tidak terdapat pada organisme lain adalah ....

A.Memiliki DNA dan RNA
B.Bentuknya beraneka ragam
C.Hanya dapat berkembang biak dalam satu sel hidu
D.Bersifat parasit
E.Merupakan organisme satu sel



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 18

Berikut ini pernyataan yang benar mengenai virus adalah ....

A.Virus diklasifikasikan dibawah tingkat seluler organisasi biologis
B.Partikel virus mengandung DNA dan RNA
C.Partikel virus dapat dilihat dengan mikroskop cahaya
D.Perakitan kapsid virus dari protein membutuhkan sel inang
E.Setelah perakitan kapsid, pertumbuhan partikel virus berlanjut sampai dengan pelepasan partikel-partikel virus baru



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 19

Perhatikan gambar bawah ini!

Virus pada gambar diatas yang ditunjuk oleh anak panah pada bagian (a) adalah ....

A.Kepala virus
B.Ekor Virus
C.Serabut ekor
D.Leher
E.DNA



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 20

Virus yang menginfeksi bakteri disebut ....

A. mikrobakteri
B.makrobakteri
C.bakteriofag
D.mikroprofag
E.propag



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 21

Keseluruhan variasi (bentuk, penampilan, jumlah, sifat, warna, dan karakter lain) yang terdapat tampak pada makhluk hidup dimuka bumi disebut ....

A.klasifikasi makhluk hidup
B.Keanekaragaman hayati
C.Keseragaman hayati
D.Determinasi makhluk hidup
E.Keberagaman genetik



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 22

Keberagaman jenis makhluk hidup disebabkan struktur dan komposisi gen yang berbeda antara makhluk hidup satu dengan yang lain, dan bersifat dapat diwariskan disebut ....

A.Keanekaragaman hayati
B.Plasma nutfah
C.genetika
D.Flora dan fauna endemik
E.Biodiversitas



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 23

Perhatikan gambar berikut ini!

Keanekaragaman yang ditunjukkan gambar dibawah ini disebut ....

A. Keanekaragaman tingkat gen
B.Keanekaragaman tingkat ekosistem
C.Keanekaragaman tingkat jenis
D.Keanekaragaman tingkat ekosistem
E.Keanekaragaman tingkat populasi



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 24

Perhatikan gambar suatu ekosistem berikut!

Berdasarkan jenis tanaman dan hewan yang ada, jenis bioma apakah pada gambar di atas?

A.Hutan hujan tropis
B.Tundra
C.Gurun
D.Hutan homogen
E.Padang rumput



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 25

Perhatikan gambar berikut!

Organisasi tingkat individu dan populasi dapat di tunjukkan pada gambar nomor ....

A.1 dan 3
B.1, 3 dan 4
C.2 dan 4
D.1, 2 dan 3
E. 1 dan 4



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 26

Penulisan nama ilmiah yang benar menurut aturan Binomial Nomenklatur adalah ....

A.Zingiber Officinale sebagai penunjuk spesies (Zingiber) ; penunjuk genus (Officinale)
B.zingiber Officinale sebagai penunjuk spesies (Zingiber) ; penunjuk genus (officinale)
C. Zingiber officinale sebagai penunjuk spesies (officinale) penunjuk genus (Zingiber)
D.zingiber Officinale sebagai penunjuk spesies (Officinale) ; penunjuk genus (zingiber)
E.Zingiber Officinale sebagai penunjuk spesies (Zingiber) ; penunjuk genus (officinale)



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 27

Konservasi beberapa jenis organisme langka dilakukan di habitat aslinya (insitu). Konservasi insitu mempunyai kelebihan diantaranya ....

A. Tidak membutuhkan tempat yang luas sehingga lebih mudah dilaksanakan
B. Memungkinkan pengamatan perkembangan jumlah populasinya lebih mudah
C. Memudahkan pengamatan sehingga dapat dijadikan objek wisata
D. Tidak membutuhkan proses adaptasi sehingga kemungkinan kecil kegagalannya
E.Dapat dipindahkan lokasinya sesuai kebutuhan lahan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 28

Garis yang memisahkan wilayah penyebaran fauna Indonesia bagian barat serta terletak di antara Kalimantan dengan Sulawesi dan antara Bali dengan Lombok adalah ....

A. Khatulistiwa
B. Wallace
C.Zollinger
D. Lintang
E.Weber



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 29

Di pasar, sering dijumpai berbagai jenis rimpang seperti: kunyit, lempuyang, temu putih, dan kencur. Tingkat keanekaragaman hayati yang ditunjukkan oleh berbagai macam rimpang tersebut adalah ....

A.Gen
B. Spesies
C. Ekosistem
D. Varietas
E. Populasi



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 30

Hal yang bukan merupakan penyebab menghilangnya keanekaragaman hayati adalah ....

A.Konservasi secara berkelanjutan
B.Perubahan iklim
C.Eksploitasi flora dan fauna secara berlebihan
D.Pencemaran tanah, udara, dan air
E.Pertanian industri



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

SOAL 31

Sebutkan secara sistematis dan jelaskan objek dan masalah biologis!




Jawaban:

Objek biologi mencakup seluruh makhluk hidup dan kehidupan dari berbagai tingkat struktur. Tingkat struktur ini dimulai dari yang terendah hingga tertinggi yaitu molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma.


SOAL 32

Apa tujuan dari penulisan “tujuan penelitian” untuk hasil observasi!




Jawaban:

Tujuan ditulisnya “tujuan penelitian” pada hasil observasi adalah menguraikan atau mendeskripsikan suatu gejala atau objek untuk menerangkan suatu gejala atau menguji suatu hipotesis


SOAL 33

Sebutkan sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh peneliti / ilmuwan!




Jawaban:

  1. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi. Seorang ilmuwan harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
  2. Skeptis Terhadap Sesuatu. Skeptis artinya meragukan sesuatu.
  3. Jujur Mengungkapkan Fakta.
  4. Objektif Melakukan Penilaian.
  5. Dapat Membedakan Fakta dan Opini.
  6. Berpikir secara Kritis dan Teliti.
  7. Terbuka dan Rendah Hati.
  8. Disiplin dan Tekun.



SOAL 34

Sebutkan sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh peneliti / ilmuwan!




Jawaban:

Manfaat mempelajari biologi di bidang kedokteran dan farmasi antara lain:
  • Para ahli kesehatan telah dapat menemukan cara penyembuhan berbagai penyakit
  • Penemuan obat berbagai macam penyakit.
Manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian antara lain:
  • Membantu para petani untuk meningkatkan hasil panen.
  • Membantu para petani dalam menciptakan bibit unggul.
Manfaat mempelajari biologi di bidang peternakan dan perikanan antara lain:
  • Menghasilkan ternak varietas unggul.
  • Pengembangan teknologi reproduksi.
Manfaat mempelajari biologi di bidang industri antara lain:
  • Pengembangan industri sandang dengan bahan baku yang lebih beragam.
  • Pengembangan industri makanan dengan berbagai bahan baku yang diolah lebih lanjut.



SOAL 35

Apa tujuan dari penulisan “tujuan penelitian” untuk hasil observasi!




Jawaban:

Tujuan ditulisnya “tujuan penelitian” pada hasil observasi adalah menguraikan atau mendeskripsikan suatu gejala atau objek untuk menerangkan suatu gejala atau menguji suatu hipotesis



LATIHAN LAGI SOAL LAINNYA

-- DAFTAR SOAL LATIHAN -- - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSN 2020 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSN 2019 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSM 2019 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSN 2018 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSM 2017 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSM 2015 - SOAL BIOLOGI & PEMBAHASAN KSN 2020 - SOAL BIOLOGI & PEMBAHASAN KSN 2019 - SOAL BIOLOGI & PEMBAHASAN KSM 2019 - SOAL BIOLOGI & JAWABAN KSM PROVINSI - SOAL IPA & PEMBAHASAN KSM MTS 2018 Semoga Latihan SOAL PTS BIOLOGI SMA KELAS 10 GANJIL ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!!
Install Aplikasinya di Android, Berikut Link Downloadnya: Rumah Belajar.APK
AJAK TEMAN-TEMAN BELAJAR, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 comments:

Posting Komentar