SOAL PTS BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMP/MTS GANJIL

Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah Latihan mengerjakan SOAL PTS BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMP/MTS GANJIL. Yuk Gaes!!!.. Buktikan bahwa kamu HEBAT!!!
SELAMAT MENGERJAKAN

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang kamu anggap benar!


SOAL 1

Dalam melakukan kegiatan percobaan, kita harus memiliki sikap ilmiah. Pernyataan berikut yang tidak termasuk dalam sikap ilmiah adalah ...

A.memiliki dan mengembangkan rasa keingintahuan
B.memiliki kepedulian terhadap lingkungan
C.mampu membedakan antara fakta dan opini
D.mampu memberikan kritikan kepada orang lain



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA. HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU.


SOAL 2

Perhatikan kutipan teks berikut!

Laporan ini disusun untuk memberikan laporan atas kegiatan percobaan yang telah kami lakukan. Kegiatan yang kami lakukan adalah menguji kandungan gizi pada beberapa jenis makanan tradisional.

Kutipan teks tersebut di atas terdapat pada bagian ....

A.tujuan percobaan
B.alat dan bahan
C.objek percobaan
D.simpulan percobaan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA. HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 3

Perhatikan kutipan teks berikut!

Minyak goreng mengandung banyak lemak karena kertas yang ditetesi minyak goreng menjadi sangat transparan. Santan mengandung lebih sedikit lemak daripada minyak goreng. Ekstrak ubi rebus mengandung paling sedikit lemak karena kertas yang ditetesi ekstrak ubi tidak menjadi terlalu transparan.

Kutipan teks laporan percobaan tersebut merupakan bagian ....

A.objek percobaan
B.tujuan percobaan
C.manfaat percobaan
D.simpulan percobaan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 4

Perhatikan kutipan teks berikut!

Uji vitamin C dapat dilakukan dengan langkah pertama menyiapkan tabung reaksi. Kemudian, peneliti menyiapkan ekstrak buah stroberi dan jeruk. Peneliti memasukkan larutan yodium ke dalam tabung reaksi. Kemudian, peneliti menetesi larutan yodium dengan ekstrak buah stroberi dan jeruk. Tunggu beberapa menit hingga larutan jernih.

Kutipan teks laporan percobaan tersebut merupakan bagian ....

A.objek percobaan
B.tujuan percobaan
C.cara kerja percobaan
D.simpulan percobaan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 5

Perhatikan kutipan teks berikut!

Berdasarkan hasil uji hedonik pada jenis abon, abon yang dibuat dengan metode tradisional lebih disukai daripada abon yang dibuat dengan metode modern. Tekstur abon tradisional cenderung lebih kasar daripada abon modern. Perbedaan tekstur abon dimungkinkan karena penggunaan mesin penggiling yang membuat serat daging terpisah seluruhnya. Selain itu, warna abon dipengaruhi oleh banyaknya penggunaan gula dan lama penggorengan abon. Umumnya abon yang baik dicirikan dengan warna cokelat kekuningan. Abon berwarna selain cokelat memang kurang disukai.

Informasi yang sesuai kutipan teks laporan percobaan tersebut adalah ....

A. Berdasarkan uji hedonik pada jenis abon menyatakan bahwa abon yang dibuat dengan metode tradisional lebih disukai dibandingkan metode modern. Tekstur abon tradisional lebih kasar dan warna cokelat kekuningan sehingga lebih disukai.
B. Hasil uji hedonik pada abon dibuat dengan cara tradisional dan modern berbeda. Abon dibuat dengan metode tradisional lebih disukai daripada abon dibuat dengan metode modern.
C.Tekstur abon tradisional dan modern berbeda karena penggunaan mesin penggiling yang membuat daging terpisah seluruhnya. Warna abon juga dipengaruhi penggunaan gula dan lama penggorengan.
D. . Abon yang dibuat dengan metode tradisional lebih disukai karena teksturnya lebih kasar. Perbedaan tekstur abon dimungkinkan karena penggunaan mesin penggiling daging.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


Teks laporan percobaan berikut untuk nomor 6 dan 7.

Daun pandan suji digunakan sebagai indikator alami karena dapat menunjukkan sifat asam dan basa suatu larutan. Sebelum menjadi ekstrak larutan daun pandan suji yang siap digunakan, daun pandan suji ditumbuk hingga halus. Setelah itu, ditambahkan larutan etanol pada tumbukan daun pandan suji dan disaring dengan kertas saring. Larutan daun pandan suji berwarna hijau. Tujuan penyaringan tumbukan daun pandan suji untuk melarutkan zat - zat yang terkandung dalam daun pandan suji. Jika ditambahkan reagen akan menunjukkan hasil berupa perubahan warna.

Ketika tiga tetes ekstrak daun pandan suji ditambahkan dengan satu tetes HCI, warna ekstrak daun pandan suji berubah hijau kekuningan. Apabila sampel makanan yang diuji ditambahi HD, akan menghasilkan perubahan warna selain hijau kekuningan. Dapat dikatakan bahwa sampel makanan tersebut menggunakan pewarna buatan (sintetis).


SOAL 6

Kutipan laporan percobaan tersebut disebut bagian ....

A.judul dan tujuan percobaan
B.tempat dan waktu percobaan
C.bahan dan alat percobaan
D.langkah kerja percobaan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 7

Informasi yang sesuai dengan kutipan laporan percobaan tersebut adalah ....

A.Daun pandan suji digunakan pedagang sebagai pewarna alami berbagai makanan.
B.Daun pandan suji merupakan indikator alami untuk menguji pewarna makanan.
C.Makanan yang mengandung pewarna buatan memiliki warna hijau kekuningan.
D.Makanan yang mengandung pewarna alami kurang diminati masyarakat.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


Teks laporan percobaan berikut untuk nomor 8-11.

Uji Zat Makanan dalam Tempe


Erna Pamularsih, peserta didik SMP Nusantara, melakukan percobaan terhadap tempe. Percobaan dilakukan di laboratorium SMP Nusantara, pada 10 April 2018. Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat makanan pada tempe.

Erna Pamularsih mempersiapkan bahan dan alat untuk melakukan percobaan. Bahan yang dipersiapkan yaitu tempe, lugol, Benedict, NaOH, CuSO4, dan kertas buram. Alat yang diperlukan yaitu tabung reaksi dengan raknya, pipa tetes, cawan petri. mortal, spatula, pembakar bunsen, penjepit tabung reaksi, kertas buram, korek api, dan tisu.

Berikut langkah kerja yang dilakukan Erna Pamularsih untuk menguji kandungan zat dalam tempe.

a) Uji Karbohidrat (amilum)
  1. Tempe digerus, lalu ditempatkan di cawan petri.
  2. Hasil gerusan diambil secukupnya. dimasukkan ke dalam plat tetes.
  3. Kemudian, tetesi plat tetes dengan lugol sebanyak lima tetes.
  4. Catat perubahan warna.
b) Uji Glukosa
  1. Tempe yang sudah digerus terlebih dahulu dimasukkan ke dalam tabung reaksi.
  2. Tetesi tabung reaksi dengan lima tetes Benedict dan dipanaskan di atas bunsen.
  3. Didiamkan selama beberapa menit.
  4. Amati perubahan warna pada tabung reaksi.
c) Uji Protein
  1. Tempe yang sudah digerus dimasukkan ke dalam tabung reaksi.
  2. Tetesi tabung reaksi dengan tiga tetes NaOH kemudian tiga tetes CuSO4
  3. Amati perubahan warna pada tabung reaksi.
d) Uji Lemak
  1. Tempe yang sudah digerus dioieskan di atas kertas buram.
  2. Kertas buram yang sudah dioieskan, didiamkan sampai kering.
  3. Amati di bawah cahaya sinar matahari
Erna Pamularsih mencatat hasil percobaan dalam tabel berikut.



Tabel hasil percobaan mencatat uji amilum, uji protein, uji glukosa, dan uji lemak. Saat uji amilum, tempe ditetesi dengan reagen lugol bereaksi dan menghasilkan warna putih kecokelatan. Reaksi tersebut membuktikan bahwa tempe tidak mengandung amilum. Saat uji protein, tempe hanya sedikit mengandung protein karena ketika ditetesi dengan reagen Biuret, warna menjadi setengah ungu. Saat uji glukosa, tempe mengandung sedikit glukosa. Ketika ditetesi Benedict dan dipanaskan di atas bunsen warna tempe berubah menjadi agak oranye. Saat uji lemak, ketika tempe dioleskan pada kertas buram tidak meninggalkan noda transparan. Reaksi tersebut membuktikan bahwa tempe tidak memiliki kandungan lemak.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan, Erna Pamularsih membuat simpulan bahwa tempe mengandung protein. Tempe tidak mengandung amilum dan lemak. Tempe hanya mengandung sedikit glukosa.


SOAL 8

Informasi pokok dalam laporan percobaan tersebut adalah ....

A.Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat berbahaya dalam tempe.
B.Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat lemak dalam tempe.
C.Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat minyak dalam tempe.
D.Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat makanan dalam tempe.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 9

Paragraf keempat laporan percobaan tersebut rnerupakan bagian ....

A.judul dan tujuan percobaan
B.bahan dan alat percobaan
C.hasil percobaan
D.langkah kerja percobaan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 10

Informasi yang sesuai dengan laporan percobaan tersebut adalah ....

A.Erna Pamularsih, peserta didik SMP Nusantara, melakukan percobaan terhadap tempe.
B.Erna Pamularsih ingin mengetahui kandungan zat berbahaya dalam tempe.
C.Percobaan di laboratorium SMP Nusantara dilakukan secara berkelompok.
D.Uji lemak menunjukkan bahwa tempe mengandung banyak zat lemak.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 11

Simpulan yang tepat berdasarkan laporan percobaan tersebut adalah ....

A.Tempe makanan kurang digemari masyarakat.
B.zat dalam tempe baik untuk kesehatan Kandungan
C.Tempe mengandung protein dan sedikit glukosa.
D.Hasil percobaan menunjukkan bahwa tempe mengandung boraks.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 12

Perhatikan langkah kerja acak berikut!
  1. Hasil tersebut sama jika dibandingkan dengan ekstrak kunyit yang ditambah satu tetes NaOH.
  2. Jadi, nasi kuning menggunakan pewarna alami.
  3. Ekstrak kunyit yang ditetesi satu tetes NaOH warnanya berubah menjadi merah kehitaman.
  4. Nasi kuning berubah warna menjadi merah kehitaman.
  5. Nasi kuning yang ditambah lima tetes NaOH menghasilkan perubahan warna.
Langkah kerja acak menguji zat pewarna pada nasi kuning dapat disusun dengan urutan ....

A.5-2-1-3-4
B.5-3-4-1-2
C.5-3-1-4-2
D.5-4-1-3-2



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 13

Perhatikan hasil pengamatan acak berikut!
  1. Hasil menunjukkan bahwa saus tidak mengandung pewarna sintetis.
  2. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, peneliti melakukan analisis dengan melihat tabel warna.
  3. Hasil percobaan terhadap sampel saus yaitu ketika sampel ditetesi dengan HCI pekat warna saus menjadi sedikit berubah.
  4. Selanjutnya, saus ditetesi dengan H2SO4 pekat warnanya juga menjadi ungu kecokelatan.
Hasil percobaan acak tersebut dapat disusun menjadi paragraf padu dengan urutan ....

A.3-1-2-4
B.3-2-1-4
C.3-4-1-2
D.3-4-2-1



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 14

Perhatikan paragraf berikut!

Pada pengamatan terhadap kerupuk yang berwarna hijau ketika sampel ditetesi dengan HCI pekat warnanya tidak berubah. Saat kerupuk ditetesi dengan H2SO4 pekat, warna kerupuk menjadi lebih gelap.

Berdasarkan hasil pengujian tersebut, kerupuk hijau positif mengandung pewarna tartazine, salah satu pewarna sintetis. [...] Penggunaan tartazine dapat menyebabkan tumor di ginjal. Tartazine tidak baik dikonsumsi manusia.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan hasil teks laporan percobaan tersebut adalah ....

A.Penggunaan zat pewarna tartazine sangat berbahaya untuk kesehatan manusia.
B.Dalam reaksi terbentuk gas yang ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung gas.
C.Masyarakat sebaiknya mengonsumsi kerupuk yang menggunakan bahan pewarna alami.
D.Pembuatan kerupuk yang menggunakan pewarna buatan (sintesis) harus dilarang.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 15

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
  1. Daya terima terhadap suatu makanan ditentukan oleh rangsangan yang timbul dari makanan melalui pancaindra.
  2. Buah-buahan merupakan komoditas mudah rusak dan sering melimpah saat musim panen raya.
  3. Nanas merupakan sumber pangan baik serta mengandung sejumlah vitamin C dan vitamin B1.
  4. Buah-buahan baik yang digunakan sebagai bahan baku kudapan ini mengandung serat tinggi.
Contoh kalimat yang menggunakan unsur serapan adalah kalimat nomor ....

A.1
B.2
C.3
D.4



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


Teks hasil percobaan untuk soal nomor 16-17.

Ani Cahyani adalah siswi SMP Negeri 2 Kedungreja. Ani melakukan kegiatan pengujian zat yang terkandung dalam tahu. Kandungan yang akan diuji adalah amilum, protein, dan glukosa. Untuk menguji kandungan zat-zat tersebut dalam tahu, AN Cahyani membutuhkan peralatan, seperti spiritus, lumpang porselen; pelat tetes, larutan Benedick, larutan Biuret, larutan lugol, rak tabung, dan tabung reaksi.

Berikut langkah-langkah yang dilakukan AN Cahyani untuk menguji kandungan zat-zat yang terdapat dalam tahu.
  1. Menumbuk tahu yang telah disiapkan dalam lumpang porselen.
  2. Menambahkan aquades pada hasil tumbukan tahu hingga berbentuk larutan.
  3. Memasukkan larutan ek dalam tiga tabung reaksi (A, B, C) dengan tinggi 1 cm.
  4. Menguji kandungan amilum.
    • Memasukkan 2 tetes larutan lugol ke dalam tabung reaksi A.
    • Mengamati perubahan warna larutan setelah diberi larutan lugol.
    (Larutan yang mengandung amilum akan berubah warna menjadi biru tua kehitaman terhadap reaksi lugol.)
  5. Menguji kandungan protein.
    • Memasukkan 3 tetes larutan Biuret ke dalam tabung reaksi B.
    • Mengamati perubahan warna larutan setelah diberi larutan Biuret.
    (Larutan yang mengandung protein berubah warna menjadi ungu terhadap reaksi Biuret.)
  6. Menguji kandungan glukosa.
    • Memasukkan 5 tetes larutan Benedick, lalu dikocok.
    • Memanaskan larutan tersebut di atas lampu spiritus selama satu menit.
    • Mengamati perubahan warna yang terjadi. (Larutan yang mengandung glukosa berubah warna menjadi merah bata terhadap reaksi Benedick.)
Setelah melakukan percobaan, Ani Cahyani memasukkan hasil percobaannya ke dalam tabel hasil percobaan.


Berdasarkan hasil percobaan tersebut. dapat disimpulkan bahwa tahu mengandung amilum dan protein.

SOAL 16

Informasi pokok dari percobaan tersebut adalah ....

A.Percobaan tersebut bertujuan untuk mengetahui kandungan zat berbahaya dalam tahu.
B.Percobaan tersebut bertujuan untuk mengetahui kandungan zat makanan dalam tahu.
C.Percobaan tersebut bertujuan untuk mengetahui kandungan zat lemak dalam tahu.
D.Percobaan tersebut bertujuan untuk mengetahui kadar minyak dalam tahu.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 17

Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah ....

A.tahu mengandung glukosa, amilum, dan protein
B.tahu mengandung amilum dan glukosa
C.tahu mengandung protein dan glukosa
D.tahu mengandung protein dan amilum



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


Perhatikan teks laporan percobaan berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 18 dan 19!

  1. Venus adalah planet sistem tata surya kita.
  2. Venus sama besarnya dengan bumi.
  3. Venus adalah planet.
  4. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman.
  5. Venus merupakan planet kedua dari matahari antara Markurius dan Bumi.

SOAL 18

Di bawah ini yang bukan termasuk kosakata teknis atau istilah pada teks di atas adalah ....

A.Planet
B.matahari
C.sistem tata surya
D.Oranye



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 19

Kalimat yang tidak termasuk bagian uraian dari dari teks laporan di atas adalah kalimat ....

A.1
B.2
C.3
D.4



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 20

Dalam teks laporan hasil percobaan menggunakan kata kerja aktif, misalnya kata kerja aktif terdapat pada kalimat ....

A.Air yang jernih itu harus dituang ke dalam botol terlebih dahulu.
B.Andry melakukan percobaan terhadap air mineral.
C.Sebelum dilakukan percobaan, air tersebut harus disimpan di lemari pendingin.
D.Air yang akan dicoba didinginkan dahulu untuk beberapa menit.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 21

Metode pidato dengan cara hafalan disebut ....

A.impromptu
B.ekstemporan
C.memoriter
D.manuskrip



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 22

Salah satu tujuan berpidato adalah memberikan informasi kepada pendengar. Setelah mendengarkan pidato tersebut, pendengar dapat ... isi pidato.

A.meyakini
B.memahami
C.merasa terhibur
D.melakukan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 23

Pidato persuasif bertujuan untuk ....

A.memengaruhi pendengar
B.memberikan informasi kepada pendengar
C.menggerakkan pendengar
D.memberikan hiburan kepada pendengar



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 24

Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
  1. Mendaftar pokok-pokok pidato.
  2. Menentukan tema pidato.
  3. Menentukan tujuan pidato.
  4. Mengembangkan kerangka pidato.
  5. Menyusun kerangka pidato.
Susunan yang tepat langkah menyusun pidato adalah ....

A.1-2-3-4-5
B.1-3-2-5-4
C.2-1-3-5-4
D.2-3-1-5-4



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 25

Tujuan berpidato persuasif tercapai jika ....

A.pendengar mendapat pengetahuan yang baru
B.pendengar mendapat hiburan dari isi pidato
C.pendengar mendapat masukan dari mendengarkan pidato
D.pendengar meyakini dan melakukan apa yang ada dalam isi pidato



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


Pidato untuk menjawab soal nomor 26-30.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.1)


Kepada Ketua Perhimpunan Pencinta Seni Indonesia cabang Yogyakarta yang saya hormati. Yang terhormat pengurus Perhimpunan Pencinta Seni Indonesia cabang Yogyakarta. Dan juga kepada teman-teman pencinta dan pemerhati seni Yogyakarta yang saya banggakan. 2)

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahaagung, karena hanya atas karunia dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul siang hari ini dalam acara seminar bertema “Penguatan seni budaya sebagai penyangga keberagaman Indonesia”. 3)

Saudara-saudara yang saya hormati, Indonesia kaya akan seni kebudayaan yang memiliki nilai keindahan dan keluhuran tinggi. Pada zaman sekarang ini, kebudayaan Indonesia yang lebih dikenal dengan seni tradisi mulai tergeser oleh kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia. Generasi muda lebih tertarik pada budaya asing yang dirasa lebih menarik. Padahal, budaya asing mengandung unsur• unsur negatif di dalamnya. Hendaknya perlu dilakukan penyaringan budaya asing yang masuk ke Indonesia. Selain itu, perlu adanya gerakan pengenalan kembali budaya bangsa kepada para penerus bangsa. Bagaimana caranya? Caranya, dengan memasukkan budaya Indonesia dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Lebih penting lagi, penanaman cinta akan budaya Indonesia harus dimulai dari pendidikan usia dini. 4)

Saya mengajak Saudara-saudara pencinta seni untuk menjaga kebudayaan asli Indonesia ini. Ayo, sempatkan waktu Saudara untuk berbagi ilmu, mengajarkan ke generasi muda tentang hebatnya budaya Indonesia! 5)

Saya kira hanya ini yang dapat saya ungkapkan. Banyak salah saya minta maaf. Terima kasih atas perhatian Saudara. 6)

Wassalamuabkum warahmatullahi wabarakatuh.7)


SOAL 26

Kalimat pembuka pidato ditunjukkan oleh nomor ....

A.1
B.2
C.3
D.4



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 27

Pesan pidato tersebut adalah ....

A.Informasi tentang budaya Indonesia yang kaya.
B.Gambaran kebudayaan Indonesia yang beragam.
C.Masalah yang dihadapi oleh generasi muda Indonesia.
D.Ajakan untuk menjaga dan mengajarkan kebudayaan Indonesia.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 28

Kalimat yang bertentangan dengan isi pidato adalah ....

A.Pidato tersebut dilakukan dalam acara seminar yang bertema penguatan seni budaya sebagai penyangga keberagaman Indonesia.
B.Pidato tersebut didengarkan oleh pemerhati seni dan budaya Indonesia dari Perhimpunan Pencinta Seni Indonesia Yogyakarta.
C.Generasi muda Indonesia sangat tertarik dengan kebudayaan Indonesia yang kaya dan beragam dan kurang tertarik dengan kebudayaan asing.
D.Pembicara mengharapkan kebudayaan Indonesia yang beragam dapat dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 29

Kalimat persuasif dalam pidato tersebut adalah ....

A.Indonesia kaya akan seni kebudayaan yang memiliki nilai keindahan dan keluhuran tinggi.
B.Generasi muda lebih tertarik kepada budaya asing yang dirasa lebih menarik.
C.Ayo, sempatkan waktu Saudara untuk berbagi ilmu, mengajarkan ke generasi muda tentang hebatnya budaya Indonesia!
D.Lebih penting lagi, penanaman cinta akan budaya Indonesia harus dimulai dari pendidikan usia dini.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 30

Apa yang ingin disampaikan pembicara pada pidato tersebut?

A.Alasan pentingnya penanaman rasa cinta budaya Indonesia kepada anak- anak Indonesia.
B.Ajakan untuk melakukan gerakan penanaman cinta budaya Indonesia kepada anak Indonesia.
C.Hambatan yang dihadapi dalam upaya penanaman rasa cinta budaya Indonesia kepada anak-anak Indonesia.
D.Upaya-upaya yang harus dilakukan untuk membuat kebudayaan Indonesia dikenal oleh masyarakat mancanegara.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


Teks pidato berikut untuk soal nomor 31-34

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 1)


Yang terhormat Kepala SMP Negeri 5 Karangjati, yang saya hormati Bapak Ibu Guru beserta karyawan SMP Negeri 5 Karangjati, serta teman-teman dari kelas VII-IX yang saya cintai. 2)

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena limpahan rahmat serta hidayah-Nya, kita bisa berkumpul pada siang hari ini dalam acara sekolah bertema “Ayo, Jaga Kebersihan Lingkungan Sekolah!”. 3)

Oleh karena itu, perkenankanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Hadirin yang terhormat, Kebersihan lingkungan sekolah dapat me•wujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan mudah. Lingkungan yang bersih iuga mendorong kesuksesan kegiatan belajar mengajar di kelas. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman. 4)

Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan sekolah bisa diawali dari diri sendiri. Tindakan yang dapat kita lakukan seperti membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket setiap hari, serta tidak meninggalkan barang-barang di laci yang bisa menjadi sarang nyamuk. Sekali lagi saya mengajak kepada seluruh warga sekolah, marilah bersama-sama menjaga kebersihan sekolah demi menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Harapan saya semoga seluruh warga sekolah bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. 5)

Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan. Jika ada ucapan ataupun tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati hadirin, saya mohon maaf. 6)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 7)


SOAL 31

Bagian ucapan syukur kepada Tuhan ditunjukkan oleh bagian nomor ....

A.1
B.2
C.3
D.4



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 32

Pokok isi dari paragraf yang ditunjukkan oleh bagian nomor 4) adalah ....

A.Kebersihan lingkungan sekolah dapat mendorong kesuksesan kegiatan belajar mengajar di kelas.
B.Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan membuang sampah pada tempat sampah.
C.Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah di laci meja.
D.Setiap warga sekolah harus berperan aktif dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 33

Kalimat ajakan yang disampaikan pembicara dalam pidato tersebut adalah ....

A.Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
B.Oleh karena itu, perkenankanlah saya me•ngemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
C.Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan ling•kungan sekolah.
D.Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 34

Tujuan pidato tersebut adalah ....

A.Memberikan pemahaman pendengar tentang kebersihan lingkungan sekolah.
B.Mengajak pendengar untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
C.Memberikan hiburan kepada pendengar dengan tema kebersihan lingkungan sekolah.
D.Memberikan informasi pendengar tentang pentingnya kebersihan lingkungan sekolah.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 35

Sikap berpidato yang baik pada saat posisi berdiri adalah ....

A.Memasukkan tangan di saku celana.
B.Berdiri dengan posisi badan condong ke kiri.
C.Pandangan mata pada satu arah saja.
D.Berdiri dengan posisi badan tegap.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


Teks pidato untuk nomor 36 dan 37 !

Makanan berpengawet berpengaruh buruk bagi kesehatan kita. Jika dikonsumsi terus- menerus akan mengakibatkan kerusakan sistem pernapasan, kanker hati, kanker paru-paru, dan lain-lain


SOAL 36

Kalimat pembuka pidato di atas, yang tepat adalah ....

A.Pada kesempatan ini, saya yakin kalian sering makan makanan berpengawet
B.Pada kesempatan ini, saya akan bertanya tentang makanan berpengawet
C.Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan bahaya makanan berpengawet
D.pada kesempatan ini, saya bermaksud mendata bahaya makanan berpengawet



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 37

Kalimat penutup pidato tersebut yang tepat adalah ....

A.Sekian penjelasan saya, terima kasih sebab kalian tidak lagi jajan sembarangan
B.Bapak doakan semoga kalian bisa terhindar dari berbagai macam penyakit
C.mudah-mudahan sejak sekarang kalian mengurangi mengkonsumsi makanan berpengawet
D.Demikianlah bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh makanan berpengawet



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 38

Bacalah kutipan pidato berikut!

Kegiatan pesantren kilat ini merupakan kegiatan rutin di bulan Ramdhan dalam rangka memotivasi para siswa agar berakhlak dan berkeperibadian baik. [ ... ] Apabila dalam penyelenggaraan kegiatan ini banyak kekurangan, panitia mohon maaf.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ....

A.Kami atas nama panitia mengucapkan selamat datang untuk melaksanakan pesantren kilat.
B.Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang senantiasa memberikan kenikmatan kepada kita.
C.Demikian sambutan dari saya selaku ketua panitia, sehingga kegiatan ini bermanfaat.
D.Saya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya dalam kegiatan pesantren kilat ini.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


Teks pidato untuk nomor 39 dan 40 !

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa. Pagi ini kita dapat berkumpul dalam acara peringatan hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April. R.A. Kartini merupakan salah seorang pejuang wanita sangat gigih dan memiliki semangat juang yang tinggi.


SOAL 39

Kalimat yang tepat untuk menutup pidato di atas adalah ....

A.Terima kasih kepada Bapak/Ibu wali murid.
B.Semoga kita dapat meneladani perjuangan R. A. Kartini.
C.Semoga acara ini berjalan dengan lancar.
D.Terima kasih saya ucapkan.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 40

Kata dia pada kalimat Dia merupakan salah seorang pejuang wanita sangat gigih dan memiliki semangat juang yang tinggi dapat diganti dengan....

A.Kami
B.Beliau
C.Saudara
D.Mereka



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


II. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat !

Bacalah teks laporan percobaan berikut ! untuk No. 41-43

Ardina Ratri melakukan pengujian amilum pada tepung terigu, tepung beras, tempe, dan putih telur rebus. Ardina Ratri menggunakan larutan lugol untuk menguji amilum pada bahan makanan tersebut. Ardina Ratri menumbuk semua bahan makanan yang telah disiapkannya, lalu menambahkan sedikit aku ades. Kemudian, bahan makanan tersebut dimasukan kedalam setiap cawan petri yang sudah disiapkannya. Ardina Ratri meneteskan 5 tetes lugol pada setiap bahan makanan tersebut. Ardina Ratri dapat mengetahui bahan makanan tersebut mengandung amilum jika warna zat makanan berubah warna menjadi biru kehitaman setelah ditetesi larutan lugol.

Berikut tabel percobaan yang dilakukan Ardina Ratri.
SOAL 41

Tentukan tujuan percobaan yang dilakukan Ardina Ratri!




Jawaban:

Untuk menguji kandungan Amilum dalam tepung terigu, tepung beras, putih telur rebus, dan tempe


SOAL 42

Jelaskan fungsi lugol pada percobaan tersbut!




Jawaban:

Fungsi lugol dalam percobaan tersebut adalah untuk menguji kandungan amilum dalam makanan


SOAL 43

Simpulkan hasil percobaan yang dilakukan Ardina Ratri! ....




Jawaban:

Tepung terigu dan tepung beras mengandung amilum, sedangan putih telur rebus tidak mengandung Amilum


Bacalah kutipan teks pidato berikut!

Teman-teman yang saya hormati, pada kesempatan hari ini saya ingin sedikit berbicara mengenai pencemaran sungai yang terjadi di sekitarkita. Sungai disekitar kita tercemar banyak sampah industry dan rumah tangga. Pencemaran tersebut membuat sungai di sekitar kita kotor. Belum lagi, sungai tersebut menjadi bau. Masyarakat pun kehilangan sumber air bersih. Jika hujan turun,,kadang-kadang air sungai meluap dan menimbulkan banjir. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran dari semua pihak untuk mengatasi pencemaran sungai tersebut. Pabrik-pabrik harus dapat menolah hasil limbah limbah industrinya. Selain itu, kita sebagai masyarakat kita harus sadar. Jangan membuang sampah rumah tangga di sungai. Mari kita atasi pencemaran sungai ini secara bersama-sama. Kita kembalikan sungai di sekitar kita menjadi sungai yang bersih, indah, danasri.


SOAL 44

  1. Tuliskanlah pesan yang terkandung dalam kutipan pidato persuasif tersebut di atas!
  2. Tuliskanlah kalimat persuasif dalam kutipan pidato di atas!




Jawaban:

  1. Ajakan untuk mengatasi pencemaran sungai.
  2. Marilah kita atasi pencemaran sungai ini secara bersama-sama!



SOAL 45

Buatlah sebuah teks pidato persuasif sesuai struktur dankaidah kebahasaan teks pidato dengan tema “Pentingnya menjaga Kesehatan di masa pandemi covid 19”




Jawaban:

Kebijakan guru



LATIHAN LAGI SOAL LAINNYA

-- DAFTAR SOAL LATIHAN -- - SOAL PTS: B. INDONEISA KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: B. INDONEISA KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: B. INDONEISA KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: B. INGGRIS KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: B. INGGRIS KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: B. INGGRIS KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: MATEMATIKA KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: MATEMATIKA KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: MATEMATIKA KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: IPA KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: IPA KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: IPA KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: IPS KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: IPS KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: IPS KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: PPKN KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: PPKN KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: PPKN KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: SENI BUDAYA KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: SENI BUDAYA KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: SENI BUDAYA KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: PRAKARYA KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: PRAKARYA KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: PRAKARYA KLS 9 GANJIL - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSN 2020 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSN 2019 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSM 2019 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSN 2018 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSM 2017 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSM 2015 - SOAL BIOLOGI & PEMBAHASAN KSN 2020 - SOAL BIOLOGI & PEMBAHASAN KSN 2019 - SOAL BIOLOGI & PEMBAHASAN KSM 2019 - SOAL BIOLOGI & JAWABAN KSM PROVINSI - SOAL IPA & PEMBAHASAN KSM MTS 2018 - SOAL US : B. INDONESIA-1 KELAS 9 - SOAL US : B. INDONESIA-2 KELAS 9 - SOAL US : B. INGGRIS-1 KELAS 9 - SOAL US : B. INGGRIS-2 KELAS 9 - SOAL US : MATEMATIKA-1 KELAS 9 - SOAL US : IPA-1 KELAS 9 - SOAL US : IPS-1 KELAS 9 - SOAL US : IPS-2 KELAS 9 - SOAL US : SENI BUDAYA-1 KELAS 9 - SOAL US : SENI BUDAYA-2 KELAS 9 - SOAL US : PRAKARYA-1 KELAS 9 - SOAL US : LAINNYA MASIH PROSES... - SIMULASI UJIAN SEKOLAH - PAS/UAS IPA KLS 7 SMT GANJIL - PAS/UAS IPA KLS 8 SMT GANJIL - PAS/UAS IPA KLS 9 SMT GANJIL - UAS PRAKARYA KLS 7 SMT 1 - PAS-UAS PRAKARYA 8 GANJIL - UAS MATEMATIKA KLS.7 SMT 1 - UAS IPS KLS.7 SMT 1 - UAS MATEMATIKA KLS.8 SMT 1 - UAS MATEMATIKA KLS.9 SMT 1 Semoga Latihan SOAL PTS BAHASA INDONESIA KELAS 9 SMP/MTS GANJIL ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!!
Install Aplikasinya di Android, Berikut Link Downloadnya: Rumah Belajar.APK
AJAK TEMAN-TEMAN BELAJAR, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 comments:

Posting Komentar