SOAL PTS PPKN KELAS 8 SMP/MTS GANJIL

Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah Latihan mengerjakan SOAL PTS PPKN KELAS 8 SMP/MTS GANJIL. Yuk Gaes!!!.. Buktikan bahwa kamu HEBAT!!! SELAMAT MENGERJAKAN

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang kamu anggap benar!


SOAL 1

Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad ke-14, yaitu terdapat dalam buk u Negara Ker tagam a karangan E m pu Prapanca, dan dalam buku Sutasoma karangan Empu Tantular. Kata Pancasila berasal dari Bahasa Sansekerta, panca berarti lima, sila berarti berbatu sendi, alas, prinsip atau dasar. Pancasila juga berarti "Pelaksanaan kesusilaan yang lima (Pancasila krama), yaitu ...

A. dilarang membunuh
dilarang melakukan kekerasan
dilarang berbohong
dilarang berjiwa dengki
dilarang bermusuhan
B.dilarang melakukan kekerasan
dilarang mencuri
dilarang berjiwa dengki
dilarang berbohong
dilarang mabuk / minuman keras
C.dilarang melakukan kekerasan
dilarang berjiwa dengki
dilarang mabuk / minuman keras
dilarang membunuh
dilarang mabuk
D.dilarang mabuk / minuman keras
dilarang berjiwa dengki
dilarang berbohong
dilarang melakukan kekerasan
dilarang membenci orang



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU.


SOAL 2

Pendiri negara (founding father) yang berperan menyampaikan pidato mengenai dasar negara atau landasan dalam kehidupan kenegaraan dengan istilah Pancasila dalam sidang BPUPKI adalah ....

A.Ir. Sukarno
B.Mr. Soepomo
C.Moh. Yamin
D.Moh. Hatta



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 3

Rumusan Pancasila yang benar, sah, dan resmi ditetapkan sebagai dasar negara adalah rumusan Pancasila yang tertuang dalam ....

A.Piagam Jakarta
B.Batang Tubuh UUD NRI Tahun 1945
C.Teks Proklamasi Kemerdekaan
D.Pembukaan UUD NRI Tahun 1945



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 4

Perhatikan pernyataan berikut ini!
  1. Sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara
  2. Pedoman dalam bertindak dan bertingkah laku
  3. Menjadi landasan bagi pem bentuk an peraturan
  4. Memberi ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain
  5. Mengatur penyelenggaraan pemerintahan
Dari pernyataan di atas yang menunjukkan fungsi Pancasila sebagai dasar negara adalah ....

A.1, 2, 3
B.1, 3, 5
C.2, 3, 4
D.3, 4, 5



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 5

Pancasila telah disepakati bersama oleh para pendiri negara (founding father). Oleh karenanya Pancasila menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga rakyat sepakat untuk ....

A.mempelajari, menghafalkan dan melaksanakan
B.menghafalkan, memahami dan melaksanakan
C.melaksanakan, memelihara dan melestarikannya
D.memelihara, mendokum entasik an dan melestarikannya



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 6

Perhatikan hubungan antar pernyataan berikut ini!

Hubungan yang benar antara fungsi Pancasila dan pengertiannya ditunjukkan pada nomor ....

A.1
B.2
C.3
D.4



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 7

Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa adalah ....

A.membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain
B.mempersatukan bangsa Indonesia yang beragam
C.membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia
D.digunakan sebagai pedoman dalam memecahkan permasalahan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 8

Fungsi dan kedudukan Pancasila antara lain sebagai alat pemersatu bangsa yang multietnis, multiideologis, dan multireligius sehingga menjadi bangsa yang berkepribadian dan percaya diri. Pernyataan ini menunjukkan fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai ....

A. moral pembangunan
B. sumber hukum
C. ideologi persatuan
D. pandangan hidup



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 9

Pancasila sebagai dasar negara sekaligus sebagai dasar dari segala hukum yang ada di Indonesia dapat diartikan bahwa setiap perundang-undangan yang ada di bawahnya tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan dijadikan dasar dalam mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara. Pernyataan tersebut sesuai dengan kedudukan Pancasila sebagai ....

A. pandangan hidup
B. sumber tertib hukum
C. perjanjian luhur bangsa
D. jiwa kepribadian bangsa



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 10

Instruksi Presiden No. 12 Tahun 1968 merupakan dokumen penting yang berkaitan dengan Pancasila khususnya penegasan tentang ....

A.berlakunya kembali UUD 1945 yang berarti Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara dan ideologi negara
B.dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia harus dilaksanakan seca a konsisten dalam kehidupan bernegara
C.rumusan Pancasila yang benar dan sah yang berarti Pancasila ditegaskan sebagai dasar negara dan ideologi negara
D.penempatan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum negara yang berlaku di Indonesia



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 11

Pancasila dapat dikatakan sebagai dasar negara, pandangan hidup, ideologi negara dan ligatur dalam perikehidupan kebangsaan dan kenegaraan Indonesia. Kata ligatur berarti ....

A.pemersatu
B.mengatur
C.penting
D.landasan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 12

Dengan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup, maka Pancasila wajib dilaksanakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Sebagai norma hukum Pancasila juga mempunyai sifat imperatif. Berikut ini adalah konsekuensi sifat imperatif Pancasila yaitu ....

A.perbedaan-perbedaan di antara sesama warga negara Indonesia tidak perlu diseragamkan, melainkan dihayati sebagai kekayaan bersama yang wajib disyukuri
B.adalah dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara
C.Pancasila mempunyai hakikat dan kedudukan yang tetap, kuat, tak berubah dan dengan jalan apapun tidak dapat diubah
D.siapa saja yang melakukan pelanggaran harus ditindak sesuai hukum yang berlaku di Indonesia serta bagi pelanggar dikenakan sanksi-sanksi hukum



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 13

Secara luas dapat diterjemahkan bahwa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia memiliki arti yang sangat penting bagi bangsa Indonesia yaitu sebagai ....

A.penuntun dan penunjuk arah bagi bangsa Indonesia
B.penuntun dan penunjuk arah bagi para pemimpin
C.panduan pemerintah di dalam melaksanakan pembangunan
D.penuntun perilaku masyarakat Indonesia



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 14

Arti penting membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sekolah antara lain dapat mewujudkan kehidupan seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini ....

A.
B.
C.
D.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 15

Arti penting membiasakan perilaku sesuai nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara antara lain ....

A.tumbuhnya perasaan saling menghormati antara penguasa dan masyarakat
B.makin lancarnya penyelenggaraan pemerintahan demi kepentingan rakyat
C.terjalinnya komunikasi yang harmonis antara pejabat dengan tokoh masyarakat
D.terjalinnya komunikasi yang akrab dan harmonis antara rakyat dengan rakyat



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 16

Nilai-nilai Pancasila bersifat objektif dan subjektif, bersifat objektif artinya hakikat nilai-nilai Pancasila adalah bersifat universal (berlaku dimanapun), sehingga dimungkinkan dapat diterapkan pada negara lain. Sedangkan nilai-nilai Pancasila bersifat subjektif, terkandung maksud bahwa ....

A.ada kemungkinan untuk dijadikan falsafah hidup negara lain yang membutuhkan
B.nilai Pancasila akan tetap ada sepanjang masa dalam kehidupan bangsa Indonesia
C.nilai-nilai Pancasila itu bergantung atau terlekat pada bangsa Indonesia sendiri
D.rumusan dari sila-sila Pancasila itu sendiri memiliki makna yang terdalam



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 17

Pancasila mengandung aspek nilai-nilai moral yang sangat tinggi dan perlu dihayati dan diamalkan oleh bangsa Indonesia. Aspek nilai- nilai moral tersebut meliputi ....

A.sikap, perilaku, dan konsep moral
B.perilaku, konsep, dan sikap moral
C.konsep, perilaku, dan sikap moral
D.konsep, sikap, dan perilaku moral



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 18

Pancasila menjadi landasan bagi pembangunan politik, dan dalam praktiknya menghindarkan praktik-praktik politik tak bermoral dan tak bermartabat sebagai bangsa yang memiliki cita- cita moral dan budi pekerti yang luhur. Pernyataan ini menunjukkan nilai-nilai Pancasila di bidang ....

A.politik
B.ekonomi
C.sosial budaya
D.pertahanan keamanan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 19

Pancasila sebagai paradigma pembangunan mempunyai arti seperti di bawah ini, kecuali ....

A.Pancasila sebagai sumber nilai, sebagai dasar, arah dan tujuan dari proses pembangunan
B.pengambilan keputusan para penyelenggara negara dan pelaksana pemerintahan harus sesuai dengan keinginan penguasa
C.segala aspek dalam pembangunan nasional harus mendasarkan pada hakikat nilai-nilai sila-sila Pancasila
D.mewujudkan peningkatan harkat dan martabat manusia secara konsisten berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 20

Berikut ini yang merupakan contoh membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah adalah Berikut ini yang merupakan contoh membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah adalah ....

A.suka mengalah di dalam pergaulan dengan teman-teman di sekolah
B.mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban diantara sesama teman
C.selalu berusaha memecahkan masalah yang dihadapi teman yang dekat
D.tidak membeda-bedakan teman di dalam segala bidang atau permasalahan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 21

Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara menjadikan setiap tingkah laku dan setiap pengambilan keputusan para penyelenggara negara dan pelaksana pemerintahan ....

A.perlu diselaraskan dengan Pancasila
B.harus selalu berpedoman pada Pancasila
C.selalu mempertimbangkan nilai - nilai Pancasila
D.harus memperhatikan nilai-nilai Pancasila



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 22

Paham kebangsaan Indonesia yang mengatasi paham perseorangan, golongan merupakan ciri atau karakteristik yang terkandung dalam nilai- nilai Pancasila khususnya sila yang dilambangkan dengan gambar di bawah ini ....

A.
B.
C.
D.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 23

Sendi utama demokrasi di Indonesia berdasar atas asas musyawarah dan asas kekeluargaan. Pernyataan tersebut merupakan karakteristik yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila yaitu sila ke ....

A.1
B.2
C.3
D.4



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 24

Sebagai manusia yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa kita wajib menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Perbuatan ini berkaitan dengan nilai Pancasila khususnya nilai ....

A.ketuhanan
B.kemanusiaan
C.persatuan
D.kerakyatan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 25

Hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan Pembukaan UUD 1945 dapat dijelaskan dengan pernyataan sebagai berikut, kecuali ....

A.alinea 1 sampai 3 Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 merupakan uraian terperinci dari kalimat pertama Proklamasi Kemerdekaan
B.alinea keempat memberikan arah pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan
C.Pembukaan UUD 1945 pada hakikatnya merupakan suatu pernyataan yang lebih terperinci dari adanya cita-cita luhur yang menjadi semangat pendorong ditetapkannya kemerdekaan Indonesia
D.Pembukaan UUD 1945 ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI sebagai satu- satunya lembaga yang memiliki kewenangan kenegaraan pada saat itu



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 26

Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari pasal-pasal karena Pembukaan merupakan pokok kaidah negara yang fundamental (Staatsfundamentalnorm) bagi Negara Republik Indonesia. Berikut ini adalah isi Staatsfundamentalnorm, kecuali ....

A.falsafah negara (Pancasila)
B.tugas-tugas Presiden
C.asas politik negara (kedaulatan rakyat)
D.tujuan negara.



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 27

Tujuan negara Indonesia yang termaktub di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 alinea keempat antara lain membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang ....

A.melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
B.melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh penduduk darah Indonesia
C.menghilangkan segala bentuk penjajahan yang ada di Indonesia
D.menentukan nasibnya sendiri agar tidak tergantung kepada bangsa lain



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 28

Perhatikan pernyataan di bawah ini!
  1. Memajukan kesejahteraan umum
  2. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
  4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdam aian abadi, dan keadilan sosial
Urutan tujuan negara dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang benar adalah ....

A.1 - 2 - 3 - 4
B.2 - 1 - 3 - 4
C.3 - 4 - 1 - 2
D.4 - 3 - 2 - 1



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 29

UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 disusun dalam masa revolusi, tetapi nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan nilai-nilai luhur yang tidak hanya diterima oleh bangsa Indonesia, tetapi oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Oleh karena itu, nilai yang terkandung dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bersifat ....

A.universal dan lestari
B.umum dan mendunia
C.mutlak dan kekal
D.khusus dan terstruktur



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 30

Contoh sikap warga negara agar Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 tetap lestari adalah ....

A.mengajak orang lain untuk memahami isi tiap-tiap alinea
B.membantu pemerintah menyosialisasikan kepada masyarakat
C.melaporkan kepada yang berwajib terhadap orang yang tidak memahami isinya
D.memahami dan melaksanakan di dalam kehidupan sehari-hari



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 31

Pengukuhan dari proklamasi yang luhur, didorong dari motivasi spiritual, kehidupan yang seimbang antara material dan spiritual, di dunia dan di akhirat, ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berkat rida Tuhan Yang Maha Esa, bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan. Makna ini terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 alinea ke ....

A.satu
B.dua
C.tiga
D.empat



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 32

Apabila dikaji secara mendalam, Pembukaan UUD 1945 mengandung 4 pokok pikiran yang sebenarnya merupakan sila-sila dari Pancasila. Pokok pikiran yang terkandung dalam alinea keempat memiliki keterkaitan dengan sila ....

A.Kesatuan
B.Keadilan sosial
C.Kerakyatan/demokrasi
D.Ketuhanan yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 33

Hukum dasar itu dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu hukum dasar tertulis dan tidak tertulis. Hukum dasar tidak tertulis sering disebut ....

A.konstitusi
B.konvensi
C.konsiderans
D.konsensus



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 34

Sesudah m engalam i am andem en memiliki makna bahwa yang dimaksud dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah keseluruhan naskah yang terdiri atas ....

A.Pembukaan dan Aturan Tambahan
B.Batang Tubuh dan Aturan Peralihan
C.Pembukaan dan Pasal-Pasal (Pasal II Aturan Tambahan)
D.Batang Tubuh dan Aturan Tambahan



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 35

Sif at konstitusi dikelompokkan diantaranya konstitusi tertulis-tidak tertulis serta konstitusi fleksibel-rigid. Suatu konstitusi disebut tertulis apabila ....

A.cara mengubah UUD tidak sulit atau tidak memerlukan cara-cara yang istimewa
B.konstitusi itu tertulis dalam satu naskah yang telah diratifikasi oleh lembaga legislatif
C.konstitusi tersebut dapat mengikuti dan menyesuaikan perkembangan zaman
D.cara mengubah UUD itu memerlukan cara yang tidak mudah dan berbelit



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 36

UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan hukum dasar dan muaranya adalah Pancasila sebagai ....

A.sumber dari segala sumber hukum negara
B.sumber dari segala peraturan yang bersifat resmi
C.landasan dalam penyusunan hukum pidana
D.penentu di dalam mengatasi masalah hukum



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 37

UUD Tahun 1945 merupakan hukum dasar yang tertulis berlaku secara resmi di Indonesia, maka dalam penyusunan Peraturan Perundang- Undangan yang berlaku di Indonesia harus ....

A.memperhatikan ketentuan UUD NRI Tahun 1945
B.menggunakan pasal dalam UUD NRI Tahun 1945
C.disamakan dengan UUD NRI Tahun 1945
D.sesuai dengan bunyi UUD NRI Tahun 1945



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 38

UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 juga berperan sebagai pengatur bagaimana kekuasaan negara disusun, dibagi, dan dilaksanakan. Dalam kedudukan yang demikian, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki fungsi sebagai ....

A.alat kontrol
B.penentu
C.pengatur
D.pembatas



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 39

UUD NRI Tahun 1945 merupakan peraturan hukum positif yang tertinggi juga sebagai ....

A.alat kontrol terhadap kinerja lembaga negara dan semua Aparatur Sipil Negara (ASN)
B.landasan pokok penentuan kebijakan pemerintah yang sah di dalam pembangunan
C.landasan pembentukan kabinet bagi Presiden sebagai kepala pemerintahan
D.alat kontrol terhadap Peraturan Perundang-Undangan yang lebih rendah



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 40

Indonesia adalah negara yang menganut sistem konstitusional dan menganut prinsip bahwa konvensi tidak dibenarkan apabila ....

A.tidak mendapat dukungan dari mayoritas rakyat
B.bertentangan dengan UUD NRI Tahun 1945
C.merugikan kepentingan rakyat
D.kurang relevan dengan hukum yang berlaku



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


II. Untuk menguji kemampuan anda tentang cara berpikir logis, kritis, dan kreatif maka jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lengkap dan benar!

SOAL 41

Pancasila memiliki peranan yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Sebutkan 4 fungsi dan peranan Pancasila bagi bangsa Indonesia!




Jawaban:

  • Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai Cita-cita dan Tujuan Bangsa Indonesia
  • Pancasila sebagai Moral Pembangunan
  • Pancasila sebagai dasar negara
  • Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa
  • Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum h. Pancasila sebagai Perjanjian luhur Bangsa
  • Pancasila sebagai Ideologi negara
  • Pancasila sebagai Ideologi persatuan
(Menyebutkan 4 di antara jawaban tersebut)


SOAL 42

Pancasila yang resmi ditetapkan sebagai dasar negara adalah rumusan Pancasila yang termaktub di dalam Pembukaan UUD 1945 dipertegas dengan Dekrit Presiden 5 Juli 1959, Instruksi Presiden No. 12 Tahun 1968, Ketetapan MPR No. XVIII/MPR/1998 dan dipertegas di dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011. Sebutkan rumusan Pancasila sebagaimana yang diatur dalam peraturan tersebut!




Jawaban:

PANCASILA
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia



SOAL 43

Nilai-nilai Pancasila harus diterapkan di dalam berbagai kehidupan. Sebutkan 4 arti penting membiasakan perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan sekolah!




Jawaban:

  • Dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban sekolah
  • Dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan warga sekolah
  • Dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada seluruh anggota warga sekolah
  • Meningkatkan rasa kebersamaan dan kegotong-royongan
  • Meningkatkan rasa kasih sayang di antara sesama warga sekolah
(atau jawaban lain yang relevan)


SOAL 44

Seluruh makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mendapatkan penegasan dan pertanggungjawaban dalam Pembukaan UUD 1945. Jelaskan hubungan antara Proklamasi kemerdekaan RI dengan Pembukaan UUD NRI tahun 1945!




Jawaban:

  • Kalimat pertama makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mendapatkan penegasan dan penjelasan pada alenia pertama sampai dengan alenia ketiga Pembukaan UUD 1945.
  • Kalimat kedua makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berupa tindakan yang segera harus dilaksanakan berkaitan dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yaitu suatu pembentukan negara Republik Indonesia yang berdasar Pancasila, sebagaimana termuat dalam Pembukaan UUD 1945 alenia 4.



SOAL 45

Pembukaan UUD 1945 mengandung 4 pokok pikiran yang sebenarnya merupakan sila-sila dari Pancasila. Sebutkan 4 pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI tahun 1945!




Jawaban:

  1. Kesatuan
  2. Keadilan sosial
  3. Kerakyatan/demokrasi
  4. Ketuhanan yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab




LATIHAN LAGI SOAL LAINNYA

-- DAFTAR SOAL LATIHAN -- - SOAL PTS: B. INDONEISA KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: B. INDONEISA KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: B. INDONEISA KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: B. INGGRIS KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: B. INGGRIS KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: B. INGGRIS KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: MATEMATIKA KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: MATEMATIKA KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: MATEMATIKA KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: IPA KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: IPA KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: IPA KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: IPS KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: IPS KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: IPS KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: PPKN KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: PPKN KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: PPKN KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: SENI BUDAYA KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: SENI BUDAYA KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: SENI BUDAYA KLS 9 GANJIL - SOAL PTS: PRAKARYA KLS 7 GANJIL - SOAL PTS: PRAKARYA KLS 8 GANJIL - SOAL PTS: PRAKARYA KLS 9 GANJIL - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSN 2020 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSN 2019 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSM 2019 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSN 2018 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSM 2017 - SOAL FISIKA DAN PEMBAHASAN KSM 2015 - SOAL BIOLOGI & PEMBAHASAN KSN 2020 - SOAL BIOLOGI & PEMBAHASAN KSN 2019 - SOAL BIOLOGI & PEMBAHASAN KSM 2019 - SOAL BIOLOGI & JAWABAN KSM PROVINSI - SOAL IPA & PEMBAHASAN KSM MTS 2018 - SOAL US : B. INDONESIA-1 KELAS 9 - SOAL US : B. INDONESIA-2 KELAS 9 - SOAL US : B. INGGRIS-1 KELAS 9 - SOAL US : B. INGGRIS-2 KELAS 9 - SOAL US : MATEMATIKA-1 KELAS 9 - SOAL US : IPA-1 KELAS 9 - SOAL US : IPS-1 KELAS 9 - SOAL US : IPS-2 KELAS 9 - SOAL US : SENI BUDAYA-1 KELAS 9 - SOAL US : SENI BUDAYA-2 KELAS 9 - SOAL US : PRAKARYA-1 KELAS 9 - SOAL US : LAINNYA MASIH PROSES... - SIMULASI UJIAN SEKOLAH - PAS/UAS IPA KLS 7 SMT GANJIL - PAS/UAS IPA KLS 8 SMT GANJIL - PAS/UAS IPA KLS 9 SMT GANJIL - UAS PRAKARYA KLS 7 SMT 1 - PAS-UAS PRAKARYA 8 GANJIL - UAS MATEMATIKA KLS.7 SMT 1 - UAS IPS KLS.7 SMT 1 - UAS MATEMATIKA KLS.8 SMT 1 - UAS MATEMATIKA KLS.9 SMT 1 Semoga Latihan SOAL PTS PPKN KELAS 8 SMP/MTS GANJIL ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!!
Install Aplikasinya di Android, Berikut Link Downloadnya: Rumah Belajar.APK
AJAK TEMAN-TEMAN BELAJAR, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp
Tags :

0 komentar:

Posting Komentar